Notification

×

Iklan


Iklan

Ada Wacana Komponen PKH "Lansia" di Coret Tahun Ini

Tuesday, January 26, 2021 | 15:50 WIB Last Updated 2021-01-26T08:50:42Z
Lansia diatas usia 70 tahun masuk komponen penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) ditahun sebelumnya. Namun, ada rencana pada triwulan 2 tahun 2021 ini, para sepuh berusia udzur tersebut, akan di coret jadi komponen PKH.

Di ungkapkan Pendamping PKH Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan, Hendri Sonjaya. Triwulan pertama, para lansia ditahun 2021 ini masih menerima bantuan PKH yang besarannya Rp600 ribu setiap tiga bulan. Namun, karena ganti menteri, ada wacana bahwa lansia yang biasa masuk komponen penerima, akan di coret. Tidak itu saja, beberapa kuota komponen PKH lainnya, juga dibatasi kuotanya di tahun ini, seperti siswa SD di satu KK yang biasanya bisa dua komponen, dipangkas jadi satu anak saja, begitupun dengan komponen kehamilan kedua. Sementara, balita masih tetap dua komponen bisa masuk pada program. "Ini baru wacana ya, kita menunggu saja tindaklanjutnya diatas, Katanya kepada pelitakarawang.com, Selasa (26/1).

Foto : Hendri Sonjaya

Hendri menambahkan, ada tiga item istilah graduasi dalam kepesertaan PKH, antara lain ada yang mandiri yaitu kesadaran pribadi KPM bahwa ekonominya sudah ada meningkat, kemudian ada juga Graduasi Alami dan Graduasi Sistem, lansia ini sebutnya, adalah graduasi sistem yang jika benar nanti di coret jadi peserta PKH. "Triwulan satu ini, lansia sudah ada pencairan berikut dengan komponen lain. Cuma ada beberapa yang belum cair di sebabkan karena BDT kosong dan atau ganda, maupun NIK nya nol, " Ujarnya. (Rd)

Besaran Bantuan PKH 2021 : 

- Siswa SD : Rp225 ribu
- Balita :  Rp750 ribu
- Hamil : Rp750 ribu
- Lansia : Rp600
- Disabilitas : Rp600 ribu
- Siswa SMA : Rp500 ribu
X
X