Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tingkat keterisian ruang isolasi di rumah sakit yang ada di Karawang sudah mengkhawatirkan. Dia menyebut hingga hari ini, tingkat keterisian RS di Karawang bahkan dianggap pecah rekor.

"Karawang karena keterisian ruang isolasinya juga sudah darurat ya, di Karawang keterisiannya sudah 110 persen ini jadi ini rekor terburuk yang pernah kita ada. Sehingga harus kita lakukan upaya upaya luar biasa," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Selasa (5/1).

Ridwan Kamil tak merinci jumlah bed dan ruang isolasi yang ada di Karawang. Dia juga tidak menyebut jumlah rumah sakit rujukan corona yang ada di Karawang.

RSUD KARAWANG

Karawang selama empat minggu terakhir, sejak awal Desember 2020 hingga Januari 2021 ini masih berada di zona merah corona. Selain Karawang, yang masih ada di zona merah corona adalah Kota Depok.

Untuk itu, Ridwan Kamil menetapkan siaga 1 di Depok dan Karawang. Dia meminta penanganan COVID-19 di dua daerah itu menjadi prioritas.

"Yang menjadi catatan kami , kami siaga 1 di dua daerah, di Depok dan Karawang, karena Depok dan Karawang empat minggu zona merah terus dalam catatan kami," ujar Ridwan Kamil.

"Yang lain naik turun hilang berganti, tapi dari awal Desember 2020 sampai awal Januari 2021, Depok masih zona merah, Karawang zona merah. Saya sudah arahkan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya untuk membantu memaksimalkan penanganan di Depok. Dan Kodam III Siliwangi dan Polda Jabar kita segera menuju Karawang," Pungkasnya.**