Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pada Rabu 13 Januari 2021, memperingatkan warganya agar tidak bepergian ke 12 negara tanpa mengajukan izin dari pihak terkait, sebagai salah satu tindakan pencegahan virus corona.

Dikutip dari Al Arabiya, Sabtu, 16 Januari 2021 mengatakan, Kementerian memperingatkan larangan bepergian ke sejumlah negara tanpa izin dari pihak terkait, mengingat kondisi keamanan dan instabilitas yang terjadi di sejumlah negara ini, pandemi virus corona yang masih terjadi (Covid-19), dan penyebaran tipe mutasi baru virus.

Adapun daftar Negara-negara yang masuk larangan adalah Libya, Yaman, Lebanon, Turki, Armenia, Afghanistan, Suriah, Iran, Somalia, Belarus, Republik Demokratik Kongo, dan Venezuela.

Pekan lalu, Arab Saudi mengumumkan akan mencabut pembatasan kunjungan dan membuka kembali penerbangan internasional mulai 31 Maret setelah berbulan-bulan dibatasi karena wabah virus corona.

Bendera Saudi Arabia

Kementerian Dalam Negeri juga mendesak warganya menahan diri untuk melancong ke berbagai negara di mana virus corona belum bisa diatasi, atau ke negara yang melaporkan kasus varian baru virus corona.

Pada Desember 2020 lalu, dua varian baru virus Corona terdekteksi di negara Inggris dan Afrika.

Varian virus Corona tersebut sangat cepat menyebar ke berbagai negara lainnya di dunia.

Varian baru ini disebut 70 persen lebih menyebar daripada tipe sebelumnya.

Berbagai negara di dunia berupaya keras mencegah penyebarannya.

Warga Saudi yang akan bepergian ke 12 negara tersebut harus memastikan mereka mengikuti semua tindakan pencegahan terhadap virus corona dan menjauhi wilayah yang dinilai tidak aman.***