Peka Breaking
News
wb_sunny

BREAKING NEWS

Gawat !!! Data Grup WhatsApp Bisa Muncul di Google

Gawat !!! Data Grup WhatsApp Bisa Muncul di Google


Grup WhatsApp dikabarkan kembali bisa diakses dalam laman pencarian Google. Hasilnya, siapa pun dapat menemukan dan langsung bergabung dengan grup tersebut hanya dengan mencari di Google.

WhatsApp

Melansir NDTV, Senin (11/1/2021), masalah ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada 2019, Grup WhatsApp juga bisa dengan mudah ditemukan dalam laman pencarian Google.

Selain grup, masalah lama lainnya yang juga kembali muncul adalah profil pengguna WhatsApp. Beberapa data seperti nomor telepon hingga foto profil pengguna dapat muncul melalui laman pencarian Google.

Masalah kebocoran ini diyakini sebagai akibat dari fitur tautan atau link undangan Grup WhatsApp. Melalui tautan undangan, orang asing kini bisa mengakses grup dan melihat beberapa jenis data dari orang yang ada di dalamnya.

Menanggapi hal ini, WhatsApp mengatakan bahwa aplikasi telah menyertakan tag noindex pada semua halaman tautan sejak Maret 2020. Dengan tag ini, maka Google tidak akan memunculkan lagi link-link grup Whatsapp dalam hasil pencarian. Alhasil masalah itu sudah berhasil dibereskan tak lama setelah dilaporkan.

Meski beberapa peneliti keamanan siber India mengatakan, menambahkan tag noindex bukanlah sebuah solusi yang tepat. Sebab, tautan akan kembali muncul di laman pencarian dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut para pakar keamanan siber, solusi yang tepat untuk masalah ini adalah yang permanen dan tidak mengandalkan pada kebijakan Google sebagai pihak ketiga.

WhatsApp sedang jadi sorotan di dunia setelah mulai mewajibkan pengguna merelakan data-data pribadi untuk diserahkan ke Facebook. Kabarnya banyak pengguna WhatsApp yang kini berpindah ke aplikasi lain seperti Telegram dan Signal.

Tags

Berlangganan Gratis

Dapatkan Pemberitahuan Khusus Berita Terbaru Dari Kami.

Post a Comment

NASIONAL

SEPUTAR DESA