Gejala-gejala yang makin tak biasa semakin dikeluhkan pasien Covid-19. Dari semula muncul di Wuhan, Tiongkok, pasien hanya mengalami batuk, sesak dan demam. Kemudian, gejala yang dialami berkembang, termasuk munculnya ruam dan kehilangan bau serta rasa.

Mulut Pasien Muncul Bercak Putih dan Bisul

Sekarang, ada lagi gejala lain. Peneliti menemukan gejala aneh pada lidah pasien Covid-19 yang mirip dengan sariawan.

Dilansir dari Times Of India, Minggu (17/1), menurut seorang ahli epidemiologi di King’s College London, Profesor Tim Spector, salah satu tanda Covid-19 yang tidak biasa bisa berkembang di mulut. Dia mengaku melihat peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang menderita gejala tidak nyaman di mulutnya, seperti lidah terlapisi atau, istilahnya, ‘lidah Covid’.

Spector yang juga seorang ilmuwan utama di Zoe Covid Symptom Study App, men-tweet tentang gejala aneh tersebut. Selain itu, dia juga mengaku mengamati peningkatan jumlah lidah Covid-19 dan sariawan aneh pada pasien Covid-19.

Konon, Spector juga menyertakan gambar pasien dengan lidah Covid, menunjukkan bercak putih di seluruh lidah. Lidah Covid dapat menyebabkan bercak dan bisul di seluruh mulut. Namun umumnya lidah akan kembali normal dalam waktu seminggu. Peneliti menyarankan jika melihat bercak di lidah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter,seperti demikian ditulis Jawa Pos.

Lidah Covid dapat menyebabkan infeksi serius di dalam mulut dan juga membentuk bercak di seluruh lidah. Ini mungkin tampak mengkhawatirkan pada awalnya. Namun dipastikan gejala ini adalah kondisi yang tidak berbahaya, dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu,

Namun, adanya gejala infeksi pada lidah pada seseorang belum tentu menunjukkan orang tersebut mengalami Covid-19. Akan tetapi tetap harus dipastikan, jika muncul gejala pada lidah, biasanya diikuti gejala lainnya. Apa saja? Berikut tanda Covid-19 yang paling umum adalah sebagai berikut:

– Demam

– Batuk kering

– Sakit tenggorokan

– Hidung berair dan tersumbat

– Nyeri dada dan sesak napas

– Kelelahan

– Infeksi saluran cerna

– Hilangnya indera penciuman dan perasa***