Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan rekrutmen guru CPNS akan tetap ada kedepannya.

Guru Mengajar

Hal ini disampaikannya merespons adanya mispersepsi bahwa Kemendikbud tidak akan lagi membuka formasi CPNS untuk guru.

"Saya menegaskan bahwa Formasi CPNS Guru ke depan tetap akan ada karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," tulis Nadiem melalui akun instagram resminya @nadiemmakarim, Selasa 5 Januari 2021.

Nadiem mengatakan, formasi CPNS untuk guru akan tetap ada, tapi pada tahun ini fokusnya memang hanya untuk perekrutan guru honorer yang akan diangkat menjadi guru PPPK.

Formasi guru PPPK 2021 ini mencapai satu juta guru. Nantinya guru peserta diharuskan melalui tes dahulu, dan yang diterima menjadi PPPK hanya yang lulus tes.

"Fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK," imbuh Nadiem.

Pihaknya pun mendorong para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS.

"Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya," tandasnya.***