Pelaksanaan penyuntikan vaksin virus corona atau Covid-19 sedang berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sejauh ini penyuntikan vaksin Covid-19 tahap awal akan dilakukan di beberapa daerah menyusul pendistribusian vaksin Sinovac yang terus dilakukan pemerintah.

Foto : Vaksin Corona Vega di Karawang

Berdasarkan penelitian terbaru, ada dua hal spesifik yang perlu dilakukan sebelum disuntik vaksin Covid-19 agar hasilnya maksimal.

Berikut penjelasan lengkap terkait dua hal yang perlu dilakukan sebelum disuntik vaksin Covid-19, dilansir dari Times of India pada Jumat 29 Januari 2021.

Dua hal yang dapat membuat vaksin lebih efektif

Vaksin Covid-19 saja tidak dapat melindungi dari virus Covid-19 jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak kuat.

Agar tubuh Anda dapat mengoptimalkan respons terhadap vaksin Covid-19, penting untuk memiliki sistem imun yang kuat.

Terlalu banyak stres atau depresi berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus yang dapat berpengaruh juga kepada efektivitas vaksin Covid-19.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal Perspectives on Psychological Science, tidur dan olahraga adalah hal wajib dilakukan sebelum disuntik vaksin Covid-19.

Tidur dan olahraga adalah dua aktivitas yang dapat meningkatkan respons imun dalam tubuh.

Hubungan vaksin dengan tidur dan olahraga

Para peneliti merekomendasikan bahwa mereka yang berencana untuk disuntik vaksin Covid-19 harus cukup tidur di malam hari dan melakukan olahraga berat setidaknya 24 jam sebelumnya.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa vaksin flu efektif pada orang yang cukup tidur dua malam sebelum menerima suntikan.

Hubungan antara vaksin Covid-19 dengan tidur dan olahraga juga serupa ditemukan dalam kasus vaksin untuk hepatitis A dan hepatitis B.

Penjelasan tidur dan olahraga dapat meningkatkan efektivitas vaksin

Para peneliti menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan fluktuasi dalam proses kekebalan yang dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi.

Untuk mempertahankan jumlah antibodi, diperlukan waktu tidur yang cukup. Di sisi lain, aktif beraktivitas sebelum disuntik vaksin Covid-19 dapat membantu proses sistem kekebalan tubuh.

Tips tidur dan olahraga sebelum vaksinasi Covid-19

Batasi paparan sinar biru setidaknya 30 menit sebelum tidur malam dengan mematikan TV dan perangkat elektronik lainnya dan batasi alkohol, kafein, dan makanan besar sebelum tidur.

Selain itu, lakukan segala jenis aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari sebelum dan setelah mendapatkan suntikan.

Pertahankan rutinitas ini sampai Anda mendapatkan suntikan kedua, yang biasanya diberikan beberapa minggu kemudian.

Hanya setelah mendapatkan dosis suntikan kedua, Anda dianggap telah divaksinasi penuh untuk melawan Covid-19.***