Desa Pasirukem Kecamatan Cilamaya Kulon akan menggelar Pilkades serentak bersama 177 Desa lainnya di Karawang pada 23 Maret 2021. Meskipun tanpa petahana, desa perbatasan dengan Kecamatan Cilamaya Wetan ini, tak sepi peminat. Tercatat dua Balon Kades mendaftarkan diri di Meja Panitia sebelas sampai 23 Desember lalu, selain nama Yayat Ruchiyat, warga lainnya yang ikut manggung di pendaftaran calon adalah Purwanto. Pelatih atlet voli dan pengusaha Bakso Ikan yang dipercaya jadi Anggota BPD ini, segenap hati mewakafkan diri masuk dalam bursa Pilkades Pasirukem tahun ini untuk "ngopeni" pemerintahan desa yang lebih baik 6 tahun kedepan. 

Purwanto Alias Mas Pur, Balon Kades Pasirukem Kecamatan Cilamaya Kulon

Menurut Simpatisan Balon Kades Purwanto, Omang Abdurahman, figur pria yang akrab di sapa Mas Pur dan Pak De ini, dibutuhkan untuk mengelola pemerintahan desa Pasirukem 6 tahun kedepan. Dia, yang sudah 18 tahun tinggal di Dusun Krajan Barat Desa Pasirukem ini, dikenal warga sebagai pecinta atlet olahraga kaula muda desa, disamping  kesehariannya yang bersahaja dengan profesi sebagai pengusaha bakso ikan dan bertani. Kegigihannya menghidupi dua anaknya yang sama-sama lahir di Desa Pasirukem ini, tak pernah hilang pribadi kedermawanannya pada anak-anak yatim desa lewat kegiatan sosialnya di Santunan Anak Yatim (Sanaya). Keaktifan di wirausaha, BPD, olahraga hingga sosialnya ini sebut Omang, mengantarkannya mantap untuk manggung di Pilkades Pasirukem demi perbaikan yang lebih baik. "Tak peduli banyak yang menyebut dia adalah pendatang, walaupun sudah 18 tahun tinggal dan memberi manfaat hingga sumbangsih untuk desa. Adalah keliru, jika kita masih tega menyematkan kata pendatang buat Mas Pur ini, " Ujarnya, Senin (4/1).


Pasirukem, sebut Omang, terkenal dengan atlet volinya yang handal, beliau (Mas Pur_red) sangat aktif membina, mengarahkan bahkan membiayai kegiatan bola voli dari mulai tingkat dasar latihan sampai ada event tournament di setiap daerah, demi mengangkat nama Desa Pasirukem. "Kecintaan Mas Pur pada olahraga begitu besar, bukan saja membina dan mengarahkan, tapi dia membiayai langsung kegiatan voli dari tongkat dasar latihan sampai even besar, " Katanya. 

Jabatan Kepala desa hanya 5 tahun, sambung Mantan Sekdes Pasirukem ini, ironis sekali dengan waktu yang sesingkat itu diantara kita masih punya pemikiran negatif tentang pribadi Mas Pur, bukan pada visi misi dan pengejawantahan program yang siap disuguhkan bagi masyarakat Pasirukem. Padahal, tambah Omang, Mas Pur ini pribadi yang tanpa sekat komunikasi dengan siapapun, dan dari latar belakang apapun untuk bertukar pikiran bahu membahu membangun desa. "Adu gagasan, program dan visi misi adalah lebih maslahat dibahas, dibanding memprovokasi isu-isu rasis seperti penyematan "Pendatang" yang padahal beliau sudah 18 tahun di Pasirukem bersama keluarganya, " Tukasnya. 

Sementara itu, Kepada Pelitakarawang.com Purwanto alias Mas Pur mengatakan, tekadnya mantap nyalon kades adalah murni berangkat dari ketulusan memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik baik masyarakat Desa Pasirukem. Urusan latar belakang dan rasis, tidak pernah ia risihkan, karena berbuat baik dan manfaat itu, orang tidak akan memandang dari mana asal dan suku. Dirinya, sebut Mas Pur, sudah 18 tahun di Pasirukem, dan terakhir diberi amanah dan kepercayaan menjadi anggota BPD, itu saja cukup sebagai pengakuan legalnya sebagai masyarakat Pasirukem yang bisa mengabdi di pemerintahan desa. Dirinya, memiliki segudang program yang ditawarkan kepada masyarakat jika dipercaya sebagai Kades kedepan, mulai sosial, kepemudaan, pertanian, kewirausahaan hingga pelayanan pemerintahan desa bagi warga yang lebih cepat, tepat, terukur dan profesional. Sebab, itu semua tambahnya, berangkat dari pengalaman yang ia lakukan selama di Pasirikem, mulai wirausaha bakso, pembinaan atlet olehraga, pengawasan pemerintahan desa di BPD maupun pertanian sebagai petani. "Saya meyakini, masyarakat pasirukem sudah dewasa berpolitik, pelayanan terbaik dan program tepat sasaran adalah hal utama bagi mereka, bukan memperdebatkan soal status para calon, termasuk dirinya, " Pungkasnya. (Rd)