Pada tahap awal pendistribusian vaksin covid-19, Kabupaten Karawang akan menerima 11 ribu vaksin yang langsung akan disebar ke sejumlah Rumah Sakit, Puskesmas dan klinik swasta.


"Setelah pendistribusian vaksin kita terima, vaksin langsung dibagi ke 24 RS, 50 Puskesmas dan 20 klinik swasta," ungkap Plt Kadinkes Karawang, dr. Nanik Jodjana usai acara Sosialisasi Vaksin Covid-19 Kabupaten Karawang, Selasa (12/1/2021) siang.

Nanik menyebut sebanyak 11.000 vaksin Covid-19 tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Pada tahap pertama, kata Nanik, vaksin akan diberikan kepada 5000 nakes terlebih dulu. Sisanya akan dilaksanakan di tahapan selanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa prosedur prosedur pelaksanaan vaksin ini dimulai dengan pendaftaran atau pencocokan data/list yang sudah terdaftar sekaligus pengukuran suhu tubuh.


Kemudian screening untuk mengetahui adakah kontradiksi yang dimiliki atau gejala-gejala lain seperti riwayat penyakit, selanjutnya tindakan vaksin di lengan kiri peserta dan observasi atau keluhan yang dirasakan setelah tindakan tadi.

“Prosedur ini sesuai modul dari kementerian nantinya setelah selesai akan ada kartu penanda bahwa peserta ini telah melakukan vaksin,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19, dr. Fitra Hergyana mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan supaya pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

"Sekitar 2 minggu lalu pelatihan vaksinasi sudah disimulasikan di Puskesmas Karawang Kota," kata Fitra.

Para petugas dari tenaga kesehatan yang akan ditugaskan dalam pelaksanaan pemberian vaksin covid-19 berjumlah 856 orang.

"Terdiri dari 526 orang bidan, 112 perawat dan 318 dokter. Semuanya dari tenaga kesehatan"

Dia mengatakan tahapan simulasi ini dilakukan agar ketika pelaksanaan nanti tidak ada kebingungan bagi peserta maupun petugasnya***ts