Notification

×

Iklan


Iklan

Polsek Tak Lagi Tangani Pidana Tapi Hanya Harkamtibmas !!!

Thursday, January 28, 2021 | 22:32 WIB Last Updated 2021-01-28T15:32:47Z

Kapolri baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut tengah merumuskan program 100 hari kerja pertama dalam comannder wish. Hasilnya akan disampaikan ke jajaran satuan kerja (Satker) untuk diterapkan saat menjalankan tugasnya.

"Program 100 hari pertama Kapolri masih dirumuskan dalam comannder wish dan yang nantinya akan diterapkan pada masing-masing satker Polri," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021).

Ramadhan mengatakan program 100 hari pertama kerja itu akan merumuskan bentuk perubahan layanan Polri ke depan, khususnya di masing-masing Polsek yang hanya menjalankan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Dengan demikian, tingkat Polsek tidak menangani penegakan hukum terkait perbuatan tindak pidana. Kata Ramadhan, Polri akan mengedepankan pelayanan yang transparan dalam menangani kasus-kasus yang menjadi perhatian publik.

"Prioritas tersebut akan diterapkan melalui rencana aksi masing-masing satker Polri. Memang sebelumnya telah disampaikan salah satunya adalah bagaimana Polri akan mengubah bentuk pelayanan yang transparan di tingkat Polsek," ucap Ramadhan.

"Kemudian salah satunya yang akan dilakukan adalah penyelesaian kasus-kasus yang menjadi perhatian langsung publik," sambungnya.

Seperti diketahui, Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah dilantik sebagai Kapolri baru pengganti Jenderal Idham Azis oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (27/1) di Istana negara, Jakarta.

Saat menjalani fit and proper test dihadapan anggota Komisi III DPR, Listyo Sigit memaparkan program 100 hari pertama menjadi Kapolri. Dia mengaku akan menuntaskan kasus yang menjadi perhatian publik.

"Seratus hari ke depan tentunya kami sudah menyiapkan program-program yang langsung tentunya bisa kami laksanakan, salah satunya adalah penuntasan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik yang saat ini ditunggu-tunggu," kata Sigit usai menjalani uji calon Kapolri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1).

Kapolri Jenderal Sigit

Selain itu, Sigit mengatakan akan melakukan perubahan sesuai dengan apa yang menjadi programnya. Termasuk kegiatan mengubah postur pelayanan di polsek.

"Mudah-mudahan semuanya bisa tepat waktu sehingga ada yang bisa kami lakukan dalam 100 hari, jangka menengah dan jangka panjang," ujarnya.***Akurat

X
X