Gerakan Pemuda Peduli Pilkades (GP3), Rabu 27/01 melakukan audiensi dengan Kepala Polisi Resort (Kapolres) Karawang, AKBP Rama Samtama Putra di ruang Kapolres Karawang. Audiensi tersebut dilakukan dalam rangka membahas potensi money politik yang akan terjadi dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karawang bulan maret yang akan datang.
Pertemuan dengan Kapolres Karawang


"Alhamdulillah kita diterima langsung oleh pak Kapolres Karawang membahas kegelisahan dari GP3 tentang potensi money politik yang akan terjadi dalam moment pilkades serentak di Karawang," ujar Koordinator Presidium GP3 Rio Rinaldi dalam keterangan tertulisnya.

Rio mengatakan, jika Kapolres Karawang sangat mengapresiasi gerakan yang di inisiasi oleh anak-anak muda yang tergabung dalam GP3, karena menurutnya Kapolres juga sepakat jika praktek money politik memang semestinya dilarang.

"Beliau sangat mendukung gerakan yang kami lakukan, karena pada dasarnya beliau sangat mendukung gerakan menghilangkan money politik dalam pilkades ini," Tambah aktivis Mahasiswa Karawang ini.

Rio juga mengatakan, jika Polres Karawang akan melakukan kajian hukum dari berbagai produk hukum seperti KUHP dan produk-produk hukum lainnya dalam menyikapi potensi money politik dalam pilkades yang akan datang.

"InsyaAllah minggu depan kita akan diundang lagi oleh polres Karawang dalam kajian hukum terkait dengan money politik ini, dan kata Kapolres beliau juga akan berkoordinasi dengan pihak kejaksaan Karawang," pungkas Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsika tersebut.

Sementara itu Wakil koordinator GP3, Rizki Maulana mengatakan, GP3 akan terus melakukan langkah-langkah kongkrit kedepan agar potensi money politik dalam pilkades tidak terjadi.

" Kami akan terus mengkampanyekan Pilkades yang bersih, jujur dan adil tanpa kecurangan dan money politik, agar pemimpin yang dihasilkan dalam pilkades nanti adalah pemimpin yang berkualitas dan mementingkan rakyatnya bukan memikirkan balik modal," ungkap pemuda bergelar sarjana hukum tersebut.

Dirinya menegaskan GP3 akan terus mengawal proses pelaksanaan pilkades dan mengajak semua pemuda yang desa melaksanakan pilkades untuk melakukan gerakan yang sama.

" Tidak hanya di Desa Wancimekar, tapi kami mengajak semua pemuda di desa-desa lain untuk sama-sama melakukan gerakan seperti yang kami lakukan saat ini," pungkas Rizki.**oc/rls