Di masa pandemi COVID saat ini seharusnya kita selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan yang ada.

orang pakai masker

Hingga saat ini, orang yang terpapar virus COVID semakin bertambah setiap harinya. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya kita selalu menerapkan beberapa hal berikut agar terhindar dari COVID.

Menurut sebuah studi pada 26 Januari yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids , pembersih udara sebenarnya dapat memperburuk penyebaran tetesan pernapasan yang terkontaminasi di ruang tertutup.

Lantas, hal apa saja yang dapat mempengaruhi tertularnya virus COVID dalam kehidupan sehari-hari? Sebagaimana dikutip dari laman Best Life, simak ulasan berikut ini.

1. Mengemudi mobil dengan jendela terbuka

Meskipun Anda sedang mengemudi mobil, sebaiknya tetap mengenakan masker dan membuka jendelanya. Menurut sebuah artikel penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Advances edisi 1 Januari, para peneliti menemukan bahwa cara paling efektif untuk membatasi penularan dari orang ke orang di dalam mobil adalah dengan membuka jendela terjauh dari pengemudi dan penumpang.

2. Masker yang ada ventilasinya (sirkulasi udara)

Halaman:

Sumber: Best Life Online

Meskipun memakai masker mungkin penting untuk menghentikan penyebaran COVID, mengenakan jenis masker yang salah dapat membahayakan Anda. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), masker berventilasi "mungkin tidak mencegah Anda menyebarkan COVID-19 kepada orang lain. Lubang di material tersebut memungkinkan tetesan pernapasan Anda keluar."

3. Selalu memakai masker

Menurut sebuah studi pada Januari 2021 yang diterbitkan di JMIR Public Health and Surveillance, individu yang memakai masker secara teratur tetapi memiliki lebih banyak kontak langsung dengan orang lain lebih mungkin mengembangkan COVID daripada mereka yang lebih jarang memakai masker, tetapi lebih jarang melakukan kontak langsung dengan orang lain.***