Notification

×

Iklan


Iklan

Astagfirullah: Pangandaran Diguncang Gempa Terasa Hingga Garut

Thursday, February 18, 2021 | 19:09 WIB Last Updated 2021-02-18T12:12:57Z

Gempa bumi guncang wilayah perairan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada hari ini, Kamis 18 Februari 2021 pada pukul 11.34 WIB.

Foto : Ilustrasi Gempa

Gempa yang terjadi di wilayah perairan Pangandaran ini turut dirasakan masyarakat yang bermukim di Singajaya dan Cisompet Kabupaten Garut.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang melanda wilayah perairan Pangandaran merupakan gempa bumi tektonik.

BMKG turut menginformasikan bahwa gempa bumi yang melanda wilayah Pangandaran berkekuatan 3,8 Magnitudo.

Episenter gempa berada pada koordinat 8,07 Lintang Selatan dan 107,84 Bujur Timur. Adapun lokasi spesifik gempa bumi yang menggunang wilayah Garut berlokasi di wilayah perairan pada jarak 83 Km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada kedalaman 14 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas desar dasar laut," ucap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Hingga pukul 12:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan yang terjadi di wilayah perairan Pangandaran.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas Hendro.***


Sumber : BMKG

X
X