Bendung Katulampa Bogor kembali berstatus siaga III pada Sabtu pagi setelah hujan di kawasan Bogor pada Jumat malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini banjir untuk warga di bantaran sungai.

Bendung Katulampa

"Tinggi muka air 110 sentimeter. Cuaca mendung, waspada atau siaga 3," demikian bunyi peringatan yang diunggah di akun Twitter @BPBDJakarta, Sabtu pagi, 6 Februari 2021.

Peringatan itu dikeluarkan pukul 06.10. Hingga berita ini ditulis belum ada pembaruan informasi. BPBD DKI juga menetapkan status siaga 3 di pos Sunter Hulu lantaran ketinggian air mencapai 180 sentimeter.

BPBD DKI meminta masyarakat yang tinggal di lintasan Sungai Ciliwung untuk waspada potensi banjir. Air diperkirakan akan sampai di pintu air Manggarai 6-9 jam ke depan.

Warga di 26 wilayah bantaran sungai harus waspada banjir, yaitu Balekambang, Bali Mester, Baru, Bidara Cina, Bukit Duri, Cawang, Cikoko, Cililitan, Duren Tiga, dan Gedong. Kemudian Jagakarsa, Kalibata, Kalisari, Kampung Melayu, Kampung Tengah, Kebon Baru, Kebon Manggis, dan Lenteng Agung. Selanjutnya, Pal Meriam, Pancoran, Pejaten Timur, Pengadegan, Rawajati, Srengseng Sawah, Tanjung Barat, dan Manggarai.

Kemarin, ratusan rumah penduduk di Kebon Pala, Kampung Melayu, terendam banjir dengan ketinggian lebih dari satu meter pada pukul 04.30. Banjir terjadi setelah beberapa jam sebelumnya, Bendung Katulampa mencapai status siaga 3 dengan tinggi muka air 100 sentimeter pada Kamis malam, 4 Februari.***