Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, Senin 8 Februari 2021.

Evakuasi di Cilamaya Wetan

Salah satu wilayah yang bakal terjadi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yaitu wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Situs bmkg.go.id menyebutkan, DKI Jakarta wilayah yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang, yakni di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang hari, serta di wilayah Kepulauan Seribu, Jakut dan Jakbar pada malam dan dini hari.

Di Jawa Barat, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga menjelang malam hari di sejumlah wilayah.

Wilayah tersebut yaitu, Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Bandung barat, Kab Garut, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Kuningan, Kab dan Kota Cirebon, Kab Indramayu.

Rawamerta

Sedangkan pada malam hingga dini hari di wilayah Kab Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kab Karawang, Kab Bogor.

Untuk Jawa Timur, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di beberapa wailayah.

Kantor Kecamatan Cilamaya Wetan

Wilayah iti yakni Kab. Mojokerto, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Pamekasan.

Siang-Sore hari di wilayah Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Seluruh informasi tersebut dikutip pada Senin pukul 03.00 WIB.

Masyarakat dapat melihat informasi terbaru terkait prakiraan cuaca atau peringatan dini melalui laman www.bmkg.go.id.****