Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, satu-satunya cara untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia adalah dengan menekan laju penularan.

Hal itu ia sampaikan setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah gubernur saat membahas penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

Pimpinan daerah yang hadir antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kesimpulan kami satu, cara untuk atasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan," ujar Budi, saat memberikan keterangan pers yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

"Agar kita bisa mempersiapkan lebih baik sarana kesehatannya, agar seluruh RS juga tidak terlalu terbebani dan juga kita bisa menyiapkan diri dengan program vaksinasi," lanjut Budi.

Menkes Budi Gunadi

Selain itu, Budi menuturkan, ada sejumlah program penanganan Covid-19 yang diinisiasi oleh pemerintah daerah. Bahkan, penerapannya sudah dilakukan hingga tingkat kelurahan dan desa.

Budi menyebut, program-program itu sebenarnya sangat erat dengan budaya Indonesia.

"Dan sangat tepat. Itulah kenapa kita (upayakan) atasi pandemi dengan mengurangi laju virus ini," tutur Budi.

"Tindakan, langkah dan program yang sifatnya mikro di level terkecil di lingkungan keluarga, di lingkungan warga adalah insiatif penanganan pandemi yang sangat baik, sangat tepat," tambahnya.***.