Hujan itensitas tinggi yang mengguyur sejak Jumat (19/2) membuat banjir parah di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Kali ini, Tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jebol, Sabtu (20/2) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Tanggul Citarum di Babakan Banten Bekasi

Akibatnya, tanggul yang berada di sisi Kabupaten Bekasi dan berbatasan dengan Kabupaten Karawang tersebut membuat 6.000 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Tanggul yang jebol tersebut membuat banjir di permukiman warga dengan ketinggian mencapai 1,5 meter dan membuat panik warga yang sedang terlelap tidur.

Menurut salah satu warga, yang paling terdampak akibat jebolnya tanggul Citarum tersebut di Kampung Babakan Banten dengan luapan air dari Sungai Citarum mencapai 1,5 meter. ”Tadi malam jebol, dari air dengan cepat meluap ketempat tinggal warga, hampir menenggelamkan rumah,” kata Madrawi, warga sekitar saat dihubungi Minggu (21/1/2021).

Saat ini, sebagian warga sudah menyelamatkan diri dengan cara mengungsi ke pengungsian sepanjang Tanggul Citarum dan Irigasi.

Masyarakat yang berada di Utara Kabupaten Bekasi ini meminta Pemerintah Kabupaten dan Tim Sar BPBD segera melakukan evakuasi dan penanganan, mengingat masyarakat masih banyak yang terjebak di rumahnya.***