Kades Petahana Cuti, ADD Januari -Maret Terancam Tertunda Pencairannya ?

Disaat tahapan Pilkades semakin dekat, para pegawai desa tengah berharap penghasilan tetap (Siltap) ADD bisa cair sebelum Pilkades. Namun, siltap yang bersumber dari APBD Karawang itu, apakah bisa di cairkan oleh Kades berstatus cuti? Mengingat, setelah ditetapkan sebagai Calon, para kades petahana yang "nyalon" sudah otomatis cuti, bahkan tembus sampai akhir masa jabatannya 23 Maret mendatang dan tidak lagi kembali menjabat. Lantas, apakah pencairan ADD akan ada kebijakan khusus, atau menunggu hadirnya Penjabat Sementara (PJS) kades dari kalangan PNS paska Pilkades? 
Ketua IKD Kecamatan Jatisari, Deni


Menyikapi ini, ketua Ikatan Kepala Desa Jatisari, Deni mengungkapkan terkait pencairan ADD adalah kebijakan dari Dinas terkait dengan pertimbangan yang memang saat ini sedang tahapan pilkades. Namun meskipun kades petahana "cuti" tidak menutup kemungkinan untuk siltap ada kebijakan khusus karena merupakan hak. "ADD itu untuk siltap, nanti tergantung kebijakan dinas terkait soal pencairan dengan status Kades Cuti, sebab siltap itu hak pemerintah desa, " Katanya kepada pelitakarawang.com, Selasa (9/3).

Sementara itu, di Konfirmasi, Kepala BJB Cabang Karawang, Affandy belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait proses pencairan ADD jika kades berstatus cuti sampai berita ini ditulis. 

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengungkapkan, kades petahana nyalon statusnya sudah cuti sejak di tetapkan menjadi calon. Soal ADD, sejauh ini masih proses dan akan sosialisasi terlebih daluhu berkenaan dengan status cuti kades untuk pencairannya.  (Rd)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X