Serangan "Money Politic" berpeluang besar terjadi di gelaran Pilkades. Para kader dan simpatisan, di wanti-wanti untuk menghindari berprilaku fanatik berlebihan hingga mengarah pada tindakan pelanggaran, seperti provokasi hingga memblokir atau portal akses fasilitas umum.

Kapolsek Cilamaya Bersama Muspika saat Kunjungan di Desa Sukajaya

Mengantisipasi itu, Kapolsek Cilamaya mengingatkan kondusifitas pilkades, baik jelang pelaksanaan maupun saat hari H pagelarannya.

"Kita faham ada kader dan simpatisan yang fanatik dukungan, itu sah-sah saja selama tidak bertindak anarkis, provokatif hingga memportal maupun memblokir fasilitas umum seperti jalan antar gang dam dusun. Kewaspadaan perlu, utamanya saat ada orang luar desa yang di duga bisa menimbulkan gesekan antar warga, tapi pengamanan wilayah kita harap bisa dibantu oleh tim antar calon, " Pesan Kapolsek Cilamaya, Kompol Sutedjo saat bertandang ke kediaman Calon-Calon Kades di Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan di hari tenang, Jumat (19/3).

Ia berharap Kamtibmas di semua desa bisa terjaga, utamanya dari para calon kades sebagai figur dan contoh bagi masyarakat. Kalah menang itu hal lazim dalam setiap kompetisi, bagaimana agar yang menang tidak euforianya berlebihan dan rangkul yang kalah, kemudian yang kalah juga bisa lapang dada berlegowo, karena di balik kalah dan kemenangan itu ada ikhitiar bersama. "Saya titip keamanan kepada semua Calon Kades dan timnya agar selama menjelang Pilkades maupun pelaksanaannya tetap aman, damai dan lancar, " Pungkasnya. (Rd)