PLD : Boleh Alokasikan 8% Dana Desa Bantu Prokes Pilkades

Dana Desa tahun 2021 sudah terbit turunan regulasinya lewat Peraturan Bupati (Perbup), jelang pencairan tahap 1, pemerintah desa di wanti-wanti bisa membuka keran sebagaimana aturan alokasi 8 persen dari tahap 1 diantaranya bisa sebagai penunjang Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tengah Pandemi Covid-19. 


"Perbup Dana Desa sudah terbit, ditahap 1 ini, ada alokasi keharusan 8 persen diantaranya untuk menunjang PPKM yang sedang di berlakukan. Bisa untuk pembelian alat-alat protokol kesehatan, penambahan vitamin kesehatan masyarakat dan lainnya untuk warga, " Kata Sekretaris Desa Karyamukti, Ardi kepada pelitakarawang.com, Selasa (9/3).

Foto Ilustrasi

Senada dikatakan Pendamping Lokal Desa (PLD) di Kecamatan Telagasari, Didin Sakri Chaerudin, ia membenarkan bahwa minimalnya Dana Desa tahap 1 alokasi 8 persen diantaranya untuk membantu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan, diantara 8 persen tersebut, harus ada bantuan Pilkades untuk penambahan protokol kesehatannya. Bantuan bagi penyelenggaraan Pilkades dari Dana Desa itu, sebutnya harus menyasar masyarakatnya seperti pembelian masker, hand sanitizer dan lainnya. "Iya minimal 8 persen untuk Promes, bahkan bisa untuk menunjang Prokes Pilkades yang sasarannya tetap adalah masyarakat seperti pengadaan masker dan alat cuci tangan hingga hand sanitizer, " Ungkapnya. (Rd)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X