Tim Kompensasi Oil Spil Pertamina Hulu Energi ONWJ Karawang merilis, ada sekitar 14 ribu warga dengan 3 profesi (Nelayan, Poklahsar, Wisata) yang akan menerima kompensasi sebelum bulan Ramadan ini. Setelah Berita Acara (BA) di tandatangani calon penerima di atas materai dan di kembalikan, rekening yang dilampirkan calon penerima, sudah siap terisi nominal uang sesuai dengan ketentuan profesi dan jumlah hari terdampak. Namun, bagaimana dengan nasib warga yang datanya tidak masuk atau terdelete sebagai penerima ditahap ini ? 

Perahu Nelayan Pasirputih Bersandar di Muara

Dikatakan Ketua Tim Kompensasi PHE ONWJ Karawang, Asep Abiboga kepada pelitakarawang.com mengatakan, untuk 3 profesi yaitu nelayan, poklahsar ndan wisata bahari mulai senin ini, kalau berita acara yang harus di tandatangani warga penerima sudah selesai dan dikembalikan, pencairan segera masuk ke rekening masing-masing. Sebab, sejauh ini, Petambak masih dalam proses verifikasi bukti kepemilikan. Adapun Jumlah total calon penerima kompensasi di pesisir Karawang ini, sekitar 14 ribuan orang. " Persisnya saya lupa, yaitu sekitar 14 ribuan jumlah calon penerima kompensasi di Karawang ini. Jadi kalau berita acara selesai, sudah bisa segera di proses, " Katanya.


Hari ini, sambungnya, jumlah yang masuk belum di up date lagi. Harapannya memang, sebelum Ramadan, semuanya sudah tuntas terbayarkan ke semua rekening penerima. "Apakah ada simbolis atau tidak saat pemberiannya, dulu sih Teh Celi sempat bilang mau simbolis, tapi memamh belum ada kabar lagi. Tapi kalau diminta, kita siap ready, " Ungkapnya.

Disinggung masih terjadinya kemelut data hasil verifikasi dilapangan yang beberapa diantara penerima ditahap sebelumnya tidak masuk lagi di pencairan kali ini, Asep menegaskan bahwa hasil pendataan awal kelompok (AB) diberikan pembayran awal kmudian baru diverifikasi, pendataan ke 2 (C) diverifikasi baru dibayarkan.Jadi, sebutnya, yang awal dapat belum.tentu yang finalnya dapat juga, karena tergantung hasil verifikasi. "Makanya yang gak ada sekarang di list nanti, dilihat status verifikasinya," Ujarnya. (Rd)


Berikut Nilai Kompensasi PHE ONWJ Kepada Masyarakat Pesisir 3 Profesi Karawang : 

1. NELAYAN
a. Kapal  : Rp137.190 perhari
* Lama hari : 79 Hari Terdampak
* Total : Rp10.896.470
b. Pinggir : Rp89.887 Perhari 
* Lama Hari : 79 Hari Terdampak
* Total : Rp7.100.287

2. POKLAHSAR 
a. Pembuat Terasi, Ikan Asin, Kerupuk Ikan, Pengepul Ikan dan eceran Rp89.775 perhari
* Lama hari : 33 Hari Terdampak
* Total : Rp2.962.575
b. Pengupas Rajungan Rp50.000 Perhari
* Lama hari : 33 Hari Terdampak 
*Total : Rp1.650.000 

3.  WISATA BAHARI 
a. Sewa Ban, Kamar Bilas, Sewa Perahu, Wisata Mangrove, warung di lokasi wisata, parkir wisata dan Umpan Pancing wisata   Rp116.130 perhari
*Lama Hari : 33 Hari Terdampak 
* Total : Rp3.832.290 

Catatan : Bagi warga terdampak gelombang 1 yang telah menerima kompensasi awal, Nilai kompensasi total yang terima akan di kurangi sebesar Rp1,8 Juta. 

Sumber : PHE Onwj