Radio Sturada 89,4 Fm Pangkal Perjuangan Karawang kembali menyiarkan pembelajaran jarak jauh (PJJ), Selasa (30/3). PJJ kali ini mata pelajaran Agama Islam tentang Shalat untuk siswa kelas 1 yang disampaikan Siti Maemunah Rohmah S.Pd dari SDN Mulyasari 1 dan Anis Nurul Miftah S.Pd dari SDN Mulyasejati 1 Ciampel. Sedangkan untuk kelas 5 diberikan mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tentang bahaya merokok yang disampaikan oleh Taufik Faturahman S.Pd dari SDN Kutanegara 1 Ciampel.

Dipandu penyiar Taufik pada mata pelajaran agama islam, Siti menjelaskan sebagai umat islam anak-anak sudah sejak dini harus ditanamkan untuk rajin shalat. Dalam agama islam, ada shalat wajib dan shalat sunah. Shalat wajib yakni Isya, Subuh, Dzuhur, Ashar dan Maghrib. Shalat Sunah seperti Tahajud, Dhuha dan lainnya.

Siti juga menjelaskan tentang tata cara shalat. Sebelum shalat harus berwudhu untuk membersihkan hadas besar dan kecil agar sah shalatnya.

Kepada orang tua, Siti berpesan agar membimbing, mengajarkan dan mengajak putra putrinya untuk shalat berjamaah.

Sementara itu, untuk pelajaran jasmani olahraga dan kesehatan, Taufik memaparkan tentang bahaya merokok dan minuman yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Rokok mengandung zat nikotin yang dapat merusak paru-paru, batuk. Sedangkan meminum minuman keras dapat merusak organ-organ tubuh. Karenanya sebagai pelajar harus menghindari rokok dan minuman keras. Rokok dan minuman keras tak ada manfaat buat kesehatan melainkan menimbulkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan, kata Taufik, anak-anak harus rajin berolahraga, mengkonsumsi makan yang bergizi dan seimbang, serta istirahat atau tidur yang cukup.


Usai memberi pelajaran, para guru memberi tugas yang harus dikerjakan dirumah, dan berpesan kepada semua siswa agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.***rld