Dalam rangka memupuk, memperkokoh dan mempererat silaturahmi Kerukunan antar umat beragama di wilayah Kabupaten Karawang, Kodim 0604/Karawang menggelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama bertempat di Aula Makodim 0604/Karawang Jl.Siliwangi No. 01 Kabupaten Karawang, Kamis (08/04/21)

Pembinaan Kerukunan Umat Beragama mengangkat tema mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”.

Kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama dihadiri Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Ketua FKUB Karawang KH. Tajuddin Noor beserta Tokoh Lintas agama yakni Pandita Ida Bagus Oka dari agama Hindu, Pendeta Kayun dari Agama Budha, Pendeta Alex Banua dari agama Kristen, Pendeta Tigor Sitinjak dari agama Katolik dan Js. Pindawati dari agama Khonghucu serta Sekretaris FKUB Asep Jaelani.

Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo mengatakan bahwa pembinaan umat beragama merupakan metode pembinaan teritorial dari TNI khususnya TNI-AD, khususnya aparat teritorial Kodam, Korem, Kodim, Koramil sampai dengan ujung tombak Babinsa. "Tema pembinaan kerukunan umat beragama kali ini adalah Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”Ujarnya.

Lebih lanjut Dandim pun menegaskan pembinaan kerukunan umat beragama bertujuan untuk memelihara kerukunan antar umat beragama dan memantapkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta kesadaran bela negara guna persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia.
Kegiatan Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama di Makodim Karawang

Sementara Ketua FKUB Karawang KH. Tajuddin Noor mengatakan bahwa kita diciptakan Allah SWT Tuhan YME menjadi makhluk yang bernama Manusia, khususnya dalam pandangan Islam, Manusia adalah makhluk yang paling mulia dan sempurna dimuka bumi. "Maka itu kita patut bersyukur kepada Allah SWT Tuhan YME, karena kita dijadikan Umat Beragama, dan tugas kita berlomba lomba dalam kebajikan.
Kegiatan Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama di Makodim Karawang

Dalam pembinaan kerukunan umat beragama Kodim 0604/Karawang menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan mewajibkan undangan memakai masker dan menjaga jarak. (Rd)