Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan puluhan rumah warga di dua desa yang terletak di Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur mengalami kerusakan pada Minggu (18/4) pukul 14.00 WIB. Dua desa yang terdampak antara lain Desa Sumber Malang dan Desa Jatiamban.

Menurut laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini namun sedikitnya 34 unit rumah warga mengalami kerusakan sementara kerugian lain masih dalam pendataan. Dilaporkan juga terdapat sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan arus lalu lintas di Desa Jatitamban terganggu akibat material pohon yang roboh menghalangi jalan.

BPBD Kabupaten Bondowoso telah berkoordinasi dengan instansi terkait, melakukan kaji cepat dan bergotongroyong bersama warga melakukan pembersihan material pohon tumbang yang menimpa rumah warga. Hingga Selasa (20/4) siang, situasi sudah kembali kondusif. Material pohon yang menyebabkan kemacetan juga telah disingkirkan, sementara rumah warga yang terkena dampak sudah mulai diperbaiki sehingga warga tetap dapat bertahan di rumah masing-masing. 

BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas tinggi yang disertai kilat atau petir serta angin kencang. Hindari papan baliho maupun pohon ketika berteduh, khususnya apabila terjadi angin kencang.