Empat Penjabat Sementara Kepala Desa (PJs), resmi serah terimakan jabatannya kepada kades baru yang tuntas di lantik Jumat kemarin (23/4). Meskipun beberapa diantaranya adalah mantan Lurah Hormat hingga mantan pegawai desa, namun Ikatan Kepala Desa (IKD) meminta semua kades senior turun tangan membantu dan membina segala bentuk urusan pemerintahan desa.

"Lain dulu lain sekarang. Betapapun pernah menjabat Kades, kemudian juga pegawai desa, semua harus di bina dan di arahkan lebih lanjut urusan kepemerintahan saat ini. Selain serba online dan aplikasi, pemerintahan desa saat ini juga banjir dana transfer pemerintah yang harus siap profesional dan dipertanggungjawabkan, " Kata Ketua IKD Lemahabang, Solehudin.

Ia berharap, para kades baru bisa Patuh aturan dan bisa menjadi contoh bagi masyarakatnya dalam mengelola pemerintahan desa. "Semua harus sesuai aturan dan laksanakan segala bentuk kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah, " ujarnya.
Kegiatan Sertijab Kades baru bersama PJs Kades di Lemahabang

Sementara Pjs Kades Ciwaringin, Abdul Fatah mengatakan, di waktu yang cukup singkat ini, ia berharap para kades baru bisa terus melanjutkan pemerintahan dengan sebaik-baiknya dalam mengelola desa. Dirinya hanya mengisi kekosongan jabatan sementara dan harus kembali bertugas dikantor Kecamatan secara penuh. "Selamat bertugas kepada kades baru, kami pasrahkan kembali urusan pemerintahan desa ke Bapak/ibu kades, " ujarnya.

Kades Ciwaringin, Uchi Sanusi mengatakan, sebagai orang baru, ia memohon arahan, bimbingan dan pembinaan berkelanjutan dari Muspika Kecamatan dan para kades senior dalam mengelola pemerintahan desa. Di samping itu juga, pihaknya akan berupaya menjalankan tugas - tugas dengan sebaik-baiknya. "Kami siap mengemban amanah ini, tentunya atas bimbingan dan arahan dari Muspika dan para kades senior juga, " Ungkapnya. (Rd)