Hari Kamis, 15 April 2021 pukul 20:28:46 WIB, wilayah KAB-BANDUNG-JABAR dan sekitarnya diguncang gempabumi Tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2.6. Episenter terletak pada koordinat 7.23 LS dan 107.69 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 13 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR pada kedalaman 8 kilometer.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Dampak Gempabumi:

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pacet, Ibun, Pasirwangi, Kamojang, Pangalengan dengan Skala Intensitas II MMI,demikian berita dikutip dari Tribun Jabar 

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.****