Ini, Tiga Desa Jawara BBGRM Karawang 2021

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) rampung di gelar penilaiannya oleh tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Tiga desa, didapati menjadi juara kegiatan lomba tahunan yang akan menjadi wakil Kabupaten Karawang ke Provinsi Jawa Barat tahun 2021 itu. Kamis pagi (1/4), Kabid Kelembagaan Desa DPMD bersama Kasie nya, menyerahkan langsung sertifikat juara dan uang pembinaan tersebut kepada tiga desa asal Kecamatan Tirtamulya, Lemahabang dan Purwasari. 

Penyerahan Gelar Juara BBGRM 2021 Kepada Kades Lemahabang dari DPMD Karawang

Kepada pelitakarawang.com, Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang, Candra Yanuar mengatakan, setelah menempuh beragam tahapan penilaian baik indikator masyarakatnya, ekonomi kerakyatan, sosial budaya dan lingkungan, lomba yang di wakili sejumlah desa lewat dokumentasi dan wawancara ini, di dapati tiga desa yang dinilai memenuhinya dan dianggap layak menyandang predikat juara, yaitu sebut Candra, Desa Tirtasari Kecamatan Tirtamulya Juara 1, Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang Juara 2 dan Desa Mekarjaya Kecamatan Purwasari. "Hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat juara kami serahkan langsung secara simbolis ke Kepala desa masing-masing, " Katanya. 

Kabid asal Kelurahan Nagasari ini menambahkan, bagi desa dengan gelar juara 1 BBGRM tingkat Kabupaten berhak mewakili Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat yang lombanya di gelar tentatif. Sebab, dari pengalaman, diakui Candra, Karawang sempat mendapat gelar juara 3 besar di tingkat Provinsi dibeberapa tahun terakhir pada lomba BBGRM ini, seperti Desa Rawagempol Wetan dan Desa Cirejag misalnya. "Selamat bagi para pemenang, semoga pemenuhan 4 indikator penilaian yang terbaik, selalu konsisten di laksanakan di pemerintahan desanya, " Harapnya.

Kades Lemahabang, Didin Alayudin mengaku bangga atas prestasi yang di raih dalam lomba BBGRM ini. Meskipun bertengger di posisi ke 2, namun partisipasi dan konsistensi pelaksanaan dari BBGRM ini, menjadi refrensi lebih mendalam untuk menjadikan desanya lebih baik lagi, baik dalam kemasyarakatan, sosial budaya, lingkungan dan Ekonominya. Sebab, jauh sebelum penilaian berlangsung, indikator ini selalu jadi perhatiannya, baik soal kekompakan kelembagaan pemerintahan desa, seperti PKK, Karangtaruna dan lainnya, maupun kemasyarakatannya. "Alhamdulillah, ini kami persembahkan bagi semua masyarakat Lemahabang, atas prestasi yang baik dan membanggakan, " Pungkasnya. (Rd)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X