Kabupaten Garut ditunjuk sebagai tuan rumah Babak Kualifikasi (BK) Bola Voli 2021 untuk Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Barat ke-14 tahun 2022 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut, Usep Basuki Eko, di Sarana Olah Raga (SOR) Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at kemarin,(2/4/2021). 

Dalam sambutannya, Kadispora Garut menyampaikan BK ini merupakan putaran terakhir dan awalnya akan dilaksanakan tanggal 14 Maret lalu, namun baru bisa terlaksana pada hari ini.

"Ini acara babak kualifikasi untuk pertandingan voli, sebetulnya ini putaran terakhir. Jadi sebelumnya kita merencanakan sebetulnya tanggal 14 maret, tapi karena persiapan kita juga, terus pada saat itu Garut juga (kasus) Covidnya lumayan lagi tinggi, makanya diundur jadi sekaran," ujar Kadispora Garut.

Ia menyampaikan dalam babak kualifikasi ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, salah satunya dengan melakukan tes swab kepada para atlet dan tim official.

"Prokesnya tentu saja kita melarang ada penonton. Jadi disini yang masuk di gedung itu adalah para pemain dan pendukungnya. Terus para pemain dan pendukungnya juga sebelumnya itu ada swab antigen, jadi ada surat bahwa mereka memang tidak terkonfirmas Covid," ucapnya.

Usep menuturkan dengan ditunjuknya Kabupaten Garut sebagai tuan rumah, diharapkan bisa menjadi motivasi untuk pengembangan olahraga di Kabupaten Garut.

 "Harapannya sebagai tuan rumah tentu kita dengan adanya pertandingan ini bisa memotivasi Kabupaten Garut untuk pengembangan olahraga, khususnya dalam hal voli.  Supaya semangat masyarakat untuk berolahraga untuk berprestasi tinggi," tutur Usep.

Sementara itu, Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Garut Abdusy Syakur Amin, mengatakan dengan adanya sarana olahraga yang memadai di Kabupaten Garut bisa meningkatkan kemajuan olahraga di Kabupaten Garut. 

"Hari ini merupakan hari yang sangat berbahagia bagi PBVSI Kabupaten Garut, bahwa hari ini tercapai salah satu langkah dari mimpi-mimpi kami. Alhamdulillah Pak Bupati telah membangunkan (sarana) olahraga Kabupaten Garut dan kami ingin memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan olahraga Kabupaten Garut," kata Syakur.

Ia memaparkan, dengan banyaknya pertandingan-pertandingan olah raga yang terselenggara seperti saat ini, diyakini bisa meningkatkan jam terbang dari para atlet.

"Kami percaya bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pertandingan adalah memperbanyak event-event pertandingan, karena itu merupakan salah satu media untuk pembelajaran bagi panitia, wasit, pelatih, atlet juga jam terbangnya makin banyak. Sehingga dalam waktu kedepan Garut akan kembali jaya seperti dahulu." pungkasnya.

Dalam babak kualifikasi ini, kontingen yang akan bertanding diantaranya Tim Voli Putri dari Kabupaten Garut dan Kabupaten Majalangka, serta Tim Voli Putra dari Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cirebon, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, dan Kabupaten Majalengka. 

Pertandingan di babak kualifikasi ini akan berlangsung dari tanggal 2 April 2021 sampai 6 April 2021.**Rls