Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda Hilang? Jangan Panik! Begini Cara Mudah Mencetaknya Secara Online dan Offline

Apakah kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang karena sesuatu hal? Anda jangan langsung panik, karena kini kartu Anda yang hilang dapat Anda cetak kembali secara mandiri.

Anda dapat mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri dengan mudah. Ada dua cara untuk mencetaknya secara mandiri yakni dengan cara online dan offline.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi yang sangat penting untuk memproses klaim jaminan yang diperoleh setiap pesertanya.

Agar Anda tidak terus-menerus dilanda kepanikan, Anda harus menyimak artikel ini hingga selesai untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut.

Persyaratan Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Anda harus sesegera mungkin melakukan proses penggantian kartu apabila kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang karena sesuatu hal, untuk menghindari masalah serius yang akan muncul di kemudian hari.

Berikut ini penjelasan mengenai persyaratan sebelum mengganti kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda yang hilang:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan aslinya.

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan aslinya.

  • Surat pengantar dari perusahaan tempat Anda bekerja untuk membuktikan bahwa Anda masih aktif bekerja di perusahaan tersebut dan permohonan pembuatan kartu baru BPJS Ketenagakerjaan.
  • Materai.

Cara Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang karena sesuatu hal, berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mencetaknya:

  • Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Anda dapat mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda dengan membawa sejumlah persyaratan tersebut dan mintalah bantuan satpam atau petugas yang ada di lokasi.

Jelaskan tujuan Anda baik-baik, kemudian Anda akan diarahkan menuju salah satu petugas yang akan membantu memproses pencetakan ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda yang hilang.

Anda akan memperoleh formulir duplikat kartu BPJS Ketenagakerjaan sekaligus melakukan pengecekan terhadap segala berkas persyaratan yang Anda bawa.

Jika tidak terdapat antrean panjang atau kendala lainnya, proses pencetakan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini akan memakan waktu kurang lebih selama sepuluh hingga lima belas menit.

  • Melalui Aplikasi BPJSTKU

Anda bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda yang hilang secara online melalui aplikasi BPJSTKU.

Akan tetapi, pastikan Anda mengingat atau mencatat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda yang hilang.

Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui aplikasi BPJSTKU:

  • Pertama-tama,download aplikasi BPJSTKU terlebih dahulu di Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  • Jika belum memiliki akun, pilih opsi “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”, lalu isilahform yang telah disediakan.

  • Setelah melalui proses verifikasi, akun Anda telah berhasil dibuat dan dapat digunakan.Login dengan e-mail dan password yang telah terdaftar. Apabila lupa password, pilih opsi “Lupa Password” untuk memperoleh kata sandi baru. Jika berhasil login, Anda akan masuk ke beranda aplikasi. Kemudian pilih opsi “Kartu Digital” lalu klik kartu hingga muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan beserta informasi kepesertaan Anda. Hal ini juga akan sangat membantu jika Anda ingin cek kartu BPJS Ketenagakerjaan.

  • Anda bisa memilih salah satu dari dua opsi yakni “Simpan Kartu ke Galeri” dan “Kirim Kartu ke Email” agar Anda bisa mencetaknya dengan printer sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
  • Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan

Anda bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pada halaman beranda, pilih menu “Layanan Peserta”, lalu pilih “Tenaga Kerja”. Klik masuk dan pilih BPJSTKU.

  • Klik opsi “Daftar Pengguna” jika Anda belum memiliki akun kemudian isiform yang tersedia hingga proses pendaftaran berhasil. Jika sudah memiliki akun, Anda hanya perlu login dengan menggunakan e-mail dan password yang telah Anda buat.

  • Kemudian pilih menu “Kartu Digital”. Pada gambar kartu, klik kanan dan pilih “Save Image As” dan Anda bisa langsung mencetaknya ketika tersimpan pada perangkat.
    kartu BPJS

Mudah sekali bukan? Ketika kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda telah dicetak, jangan lupa untuk menyimpannya baik-baik agar tidak sampai hilang.***

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X