Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi kembali mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi produk lokal dan konsumsi rumah tangga yang mengalami penurunan pada kuartal II 2020 akibat pandemi COVID-19.

Konsumsi produk lokal dan rumah tangga dinilai menjadi salah satu faktor penting dalam pemulihan ekonomi nasional, sehingga menjadi fokus utama dalam Hari Konsumen Nasional (Hakonas) 2021.

“Salah satu upaya menumbuhkan kembali ekonomi Indonesia adalah dengan meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Indonesia adalah bangsa yang besar, mari menjadi konsumen di negeri sendiri dan bersama-sama pulihkan ekonomi bangsa,” ujar Mendag dalam Talkshow peringatan Harkonas 2021 yang digelar secar daring pada Selasa (20/4/2021).

Lebih lanjut Mendag menjelaskan Harkonas merupakan upaya kolaborasi antarpemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menciptakan konsumen berdaya serta pelaku usaha yang bertanggung jawab.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, Harkonas diharapkan mampu mendorong semangat masyarakat dan pelaku usaha untuk bangkit serta memulihkan kembali ekonomi bangsa.

“Tahun ini, peringatan Harkonas kesembilan mengusung tema ‘Konsumen Berdaya Menuju Indonesia Maju’ dengan subtema ‘Konsumen Berdaya Pulihkan Ekonomi Bangsa’,” tutur Mendag.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kemendag Veri Anggriono mengharapkan konsumen Indonesia tidak hanya mengetahui hak dan kewajiban, tetapi juga mampu menggunakan hak dan kewajibannya dalam menentukan pilihan terbaik serta membangun rasa nasionalisme yang tinggi.

“Harkonas menjadi momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri. Khususnya di masa pandemi ini, transaksi perdagangan daring semakin meningkat dibanding perdagangan luring,” jelas Veri***ts