Mendes PDTT: Indonesia Emas 2045 Ditopang Pembangunan Desa

 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, menyatakan Indonesia Emas 2045 ditopang oleh keberhasilan pembangunan dalam berbagai bidang, termasuk pembangunan desa.
Menteri Desq

Mendes PDTT optimistis Indonesia Emas 2045 akan terwujud jika desa-desa, terutama desa tertinggal dan terluar, berhasil mencapai target pembangunannya. Hal ini dinilai tidak lepas dari program Dana Desa yang telah dimulai sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pada gilirannya, 2045 Indonesia Emas betul-betul bisa terwujud, yang salah satunya ditopang oleh keberhasilan pembangunan desa yang saat ini berjumlah 74.961 desa,” ujar Mendes PDTT.

Mendes PDTT mengakui pemanfaatan Dana Desa masih banyak yang belum tepat sasaran karena berbagai faktor. Tetapi dia mengklaim belakangan ini cenderung ada perbaikan dalam pemanfaatan anggaran yang berasal dari pusat tersebut.

Dia kembali mengimbau supaya para kepala dan perangkat desa selalu berpedoman pada tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa supaya penggunaan Dana Desa tepat sasaran.

“Banyak success story dana desa. Misalnya di Maluku Utara, ada sebuah desa yang dalam kurun waktu empat tahun bisa memposisikan desa dari sangat tertinggal menjadi desa mandiri, dengan mengoptimalkan penggunaan dana desa tepat sasaran dan tepat pengelolaan,” imbuh dia.***ts

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X