Abdul Muhaimin Iskandar mendukung penuh Muktamar Pemikiran Dosen Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). 

Muhaimin Iskandar

Ia pun berharap dalam muktamar tersebut muncul gagasan dan solusi konkret bagi Indonesia dalam menyelesaikan problem sosial, ekonomi, keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.

Hal tersebut disampaikan Gus AMI, sapaan akrabnya, ketika menghadiri sekaligus membuka secara resmi Muktamar Pemikiran Dosen PMII yang digelar di UIN Tulungagung, Jawa Timur, Senin (5/4/2021). 


Muktamar tersebut dinilai Gus AMI sangat tepat digelar saat ini, karena Bangsa Indonesia, bahkan dunia, sedang gelisah sekaligus berjuang mencari solusi yang tepat dan efektif.

 

“Lalu lahirlah gagasan untuk bersama-sama berpikir menggunakan berbagai kajian, teori dan seluruh ilmu-ilmu yang ada di kampus maupun di luar kampus, wabil khusus para dosen PMII untuk menggagas (dan) mencari solusi problematika itu,” jelas Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu.

 

Gus AMI mengaku bangga bisa menghadiri Muktamar Pemikiran Dosen PMII lantaran serasa bernostalgia dengan organisasi yang ia geluti semasa kuliah di Yogyakarta dulu. Terlebih acara besar itu digelar di saat Indonesia berjuang mencari solusi terbaik terbebas dari pandemi.

 

“Saya bersyukur bisa hadir di sini, mengapa? Karena di tengah pandemi, ancaman resesi di belahan dunia menyeruak sebuah acara Muktamar Pemikiran Dosen PMII ini. Di sisi yang lain, selama ini berjuang melalui jalur politik tentu saja, modal saya modal dengkul, bukan modal otak. Makanya saya menggantungkan kepada senior-senior, pemikir-pemikir jalan keluar apa yang terbaik bagi Indonesia di masa yang akan datang,” ungkap Gus AMI.

 

Melalui Muktamar ini, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menaruh harapan besar muncul jalan keluar, minimal roadmap untuk menyelesaikan berbagai problem tersebut. “Mereka pemikir, para ahli, Guru Besar akan menggunakan ilmu-ilmunya. Apalagi kalau bicara soal Indonesia pasti soal keislaman,” ujarnya.

 

Untuk itu, mantan Ketua Umum Pengurus Besar PMII itu secara khusus menyampaikan selamat sekaligus bangga kepada pengurus Ikatan Alumni (IKA) PMII yang sudah menggagas Muktamar Pemikiran Dosen PMII tersebut. “Juga kepada para Guru Besar, para Dosen, para Dekan yang hadir dan mengikuti acara ini. Selamat bermuktamar,” tutup Gus AMI.

 

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj secara virtual, Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar, Ketua Umum PB IKA PMII Ahmad Muqowam, Anggota DPR RI M. Hasanuddin Wahid, Cucun A. Syamsurijal, Anggia Ermarini serta sejumlah Anggota DPRD F-PKB Provinsi/Kabupaten/Kota.**Ts