General Manager (GM) PT Pertamina Refinary Unit (RU) VI Balongan Hendri Agustian mengatakan, satu unit tangki di Kilang  Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kembali terbakar setelah pada Kamis (1/4) dinyatakan padam.

Padamkan Api

"Kemarin seluruh tangki telah padam, tapi ada pergerakan busa di atas tangki dan juga anginnya kencang, membuat udara masuk dan berkontak dengan minyak yang panas, sehingga api kembali menyala," kata  Hendri melalui keterangan tertulisnya, pada Jumat (2/4/2021).
 
Hendri menegaskan, api di empat tangki areal Kilang Pertamina RU VI Balongan berhasil dipadamkan pada Kamis (1/4).

Namun saat malam hari kobaran api kembali muncul, dan membakar satu tangki T-301H yang memang masih menyisakan bahan bakar.
Foto Kilang Minyak Terbakar


Hendri menyatakan kebakaran itu karena udara yang berkontak dengan minyak kemudian menjadi pemicu kemunculan api di tangki, sehingga tangki yang telah padam lalu terbakar kembali.

"Udara yang berkontak dengan minyak panas, sehingga api menyala lagi," katanya.

Ia menambahkan, saat ini tim terus melakukan pemadaman serta mendinginkan tangki yang ada di sekitar.

"Pendinginan kita lakukan terus menerus sampai semua bisa dipadamkan," tambahnya. 
 
Sebelumnya, pasokan bahan bakar minyak (BBM) dipantau langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dengan mengunjungi Command Operation Center Digitalisasi (Pusat Digitalisasi Komando Operasi) di Telkom Legok, Tangerang, Banten.
 
Menurut Nicke, pihaknya menjamin pasokan dan distribusi BBM secara nasional aman, termasuk wilayah terdampak insiden tangki T-301 Balongan.