Kesenian Ketuk Tilu adalah kesenian khas sunda Jawa Barat termasuk di Karawang. Keseniann Ketuk Tilu Karawangan adalah kesenian yang alat musik atau gamelannya sederhana yaitu rebab, kendang, goong, kenong , ketuk dan kecrek.

Kesenian Ketuk Tilu di Karawang awalnya di pagelarkan atau dimainkan oleh rombobgan kesenian Topeng Banjet. Pemain musiknya hanya berjumlah 5 orang ditambah dengan juru kawih atau sinden.

Lagu - lagu yang dibawakan oleh juru kawih yaitu kebanyakan lagu-lagu pola dan kendang pola, artinya lagu dan kendang satu paket polanya, diantaranya lagu gaplek, kangsreng, badrin, geboy dan lagu pola lainnya.

Dalam pagelaran topeng banjet kesenian ketuk tilu selain lagu- lagu pola juga lagu yang dibawakan lagu ibing penjug. Sedangkan Ibing Penjug adalah dimana seorang yang ngibing diikuti oleh tepak kendang, kemana geraknya seseeorang yang ngibing diikuti oleh tepak kendang.

Pencug bisa di artikan dengan membidik, artinya seorang yang ngibing di bidik oleh tepak kendang yang wirahmanya sesuai dengan ibingan.
Juru kawih sedang menari

Seiring dengan perkembangan, kesenian Ketuk Tilu yang alat musiknya sederhana ada yang ditambah dengan alat musik lain dantaranya saron, gambang, panerus, bonang , kacapi dan suling, sehingga namanyapun di rubah menjadi Kliningan.

Kliningan adalah jenis musik pentatonis dimana saron dan gambang lebih dominan ketika pagelaran tataluan atau pagelaran awal sebelum pagelaran di vokali oleh juru kawih atau sinden.

Akan tetapi Ketuk Tilu Karawangan sampai saat ini tetap dipertahankan keberadaannya terutama oleh kelompik seni Topeng Banjet Sinar Pusaka Warna Abah Pendul.

Tarian dalam kesenian Ketuk Tilu khas Karawangan yang ditonjolkan adalah geol dan giteknya, khas pakain penarinya adalah kebaya dengan celana sinjang, pada bagian bawahnya dilengkapi dengan asesoris seperti sabuk, selendang, gelang dan kalung, pada bagian kepalanya memakai sanggul dengan rangkaian bunga bunga untuk menambah kecantikan para penari itu sendiri.

Baru -baru ini kesenian Ketuk Tilu Karawangan dipagelarkan di pesisir laut utara yaitu di Pantai Tanjung Pakis dalam acara penyambutan tamu dari berbagai daerah dalam acara Balap motor antik***red

Berita bersumber dari akun Facebook milik BMMK Karawang.