Tarik Ulur Pergantian Specimen Rekening Desa, ADD Tahap 1 Segera Nongol

Kades petahana kalah dalam kontestasi Pilkades, berdampak pada macetnya pergantian specimen rekening bank di desa penyelenggara Pilkades yang di pimpin Penjabat Sementara (PJs). Ada yang "Move On" mengikuti aturan mengganti specimen demi memenuhi hak siltap para pegawai desa, namun tak jarang ada oknum kades lama dan bendaharanya yang masih "ogah-ogahan" mengganti specimen dan beralih ke tangan PJs. Padahal, DPMD sudah merilis 183 desa tuntas izin prinsip ADD gelombang pertama dan segera di cairkan.

Kabid Pemdes DPMD Saat dimintai Rekomendasi pergantian Specimen Desa Tamanmekar Kecamatan Pangkalan

"Gak harus menunggu kades terpilih dilantik, karena proses pergantian specimen itu kan sehari juga tuntas. Sebab, selain Dana Desa tahap 1 yang kemarin ada yang belum di cairkan, sekarang ADD tahap 1 juga sudah di depan mata, kalau belum ganti specimen, siapa yang mencairkan nanti kalau bukan Pjs? Ini urusan hak, dan sebelumnya Camat juga kita harap bisa memberikan arahan ke kades lama dan bendahara desa soal pergantian specimen ini ke Pjs, " Kata Kabid Pemdes Encep Eko Komarudin, Rabu (14/4).

Kalau menunggu ADD di cairkan setelah kades terpilih dilantik, itu justru akan menambah lambat, sebab kades terpilih selain harus fokus beres-beres, juga segera menyiapkan pegawai desa barunya untuk di ajukan. Karenanya, ada baiknya memang triwulan 1 ADD ini di cairkan di masa PJs. "Ada beberapa Camat yang memang sudah mengingatkan bendahara desanya, ada juga yang memang yang masih tarik ulur. Tapi kita harap, pergantian specimen ini bisa lancar dan jangan di persulit kepada Pjs, lagi pula hak Pjs Kades dari ADD ini muncul di triwulan kedua, bukan di tahap 1 ini, " Tandasnya.

Camat Majalaya Agus Kurnia mengatakan, empat desa yang tuntas Pilkades, diapresiasinya karena sudah lancar memproses specimen rekening desa kepada PJs. Selama perjalanan, tidak ada kendala yang berarti, karena Kasie dan dirinya sudah berulang kali memberikan arahan, karena di dalam ADD masih ada hak kades dan pegawai desa lama. "Alhamdulillah sih lancar saja disini mah, semua diarahkan agar specimen bisa segera di ganti untuk memperlancar siltap perangkat desa lama, " Pungkasnya. (Rd)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X