Terbaik, Tiga Bumdes Karawang Mau di Suntik Tambahan Modal Provinsi

Tiga Bumdes di Karawang dianggap baik progresnya. Selain berhasil meraup laba, usaha yang dikembangkan juga sukses melahirkan produk. Tak heran, Bumdes dari Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Desa Kalijati Kecamatan Jatisari dan Desa Sumberjaya Kecamatan Tempuran, di pilih menjadi sasaran pengembangan bersama 9 Kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. 
Kades Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Abdul Hakim


Kades Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Abdul Hakim mengatakan, ada 9 Kabupaten/kota yang ikuti pengembangan Bumdes yang di prakarsai DPMD Jawa Barat, salah satunya Karawang dengan tiga desa, yaitu Pasirjaya dengan produk unggulan pesisir (Pindang dan Terasi) dan simpan pinjamnya, juga ada Desa Kalijati dengan produk olahan kopi, sementara Desa Sumberjaya kesuksesan usaha bidang wisata Jatidipala menjadi perhatian tersendiri dari Pemprov Jawa Barat. "Yang hadir itu Kades dan para Dirut Bumdesnya dari Karawang
Ciamis, Cirebon, Kuningan, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Subang dan Purwakarta, Alhamdulillah Pasirjaya dan dua desa lainnya yang jadi wakil Karawang, " Katanya.


Selain di bekali materi, sambung Hakim, Bumdes dengan perkembangannya ini akan di tambahi permodalan oleh pihak provinsi di kisaran Rp100 - 200 jutaan per BumDes. Bahkan, bagi Karawang produk-produk lain yang di hasilkan Bundes dari Kabupaten lain juga, tak kalah bagusnya seperti di salah satu desa di Pagaden Subang, disana, para anggota Bumdes sudah hasilkan produk nasi uduk, nasi liwet dan nasi kuning dalam bentuk kemasan yang sudah diproses sedemikian rupa, sehingga konsumen tinggal langsung menyantap instan dengan hanya menyeduhnya dengan air panas. Ini menjadi perhatian khusus baginya bahkan berencana menggali informasi lanjutan melalui studi banding ke Bumdes tersebut bersa tiga desa lainnya di Karawang. "selain dibekali materi pengembangan, kita juga konon akan di prioritaskan mendapati tambahan permodalan dari Pemprov untuk pengembangan Bumdes kita, " Ujarnya. (Rd)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X