Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali beri himbauan kepada masyarakat agar waspada terkait potensi hujan yang akan terjadi di wilayah ini pada Senin, 19 April 2021

Hujan di Karawang sebabkan Banjir

Tak hanya hujan, BMKG sebut cuaca ekstrem lainnya seperti angin kencang berpotensi terjadi di wilayah ini, maka dari itu masyarakat diharapkan tetap waspada.

Waspada memang perlu ditingkatkan apalagi BMKG menyebutkan bahwa cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah ini.

Hujan lebat yang berisiko banjir perlu ada penanganan lebih lanjut, sebelum itu terjadi, BMKG minta masyarakat waspada apabila hujan melanda wilayah Anda.

Sebagaimana dikutip dari BMKG, Minggu, 18 April 2021, terdapat sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami cuaca ekstrem.

1. Banten

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah Kab. Lebak bagian Timur.

2. DKI Jakarta

Waspada potensi hujan disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah Jaksel, Jaktim, dan Jakbar pada siang hingga sore hari.

3. Jawa Barat

Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang pada waktu siang sore hingga malam hari di wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sumedang, Cianjur, Indramayu, Sukabumi, Kota Sukabumi, Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Garut, Kuningan, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran Kota Bandung, Bandung, Kota Cimahi dan Bandung barat.

4. Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Siang-Sore hari di wilayah Kab. Mojokerto, Jombang, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu dan Kab. Pasuruan. Malam hari di wilayah Ngawi, Magetan dan Kab. Malang.

5. Jawa Tengah

Waspada potensi hujan sedang - lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan Tengah.

6. Aceh

Waspada potensi hujan lebat disertai badai guntur terjadi di wilayah Pulo Aceh,Aceh Jaya,Subulussalam,Aceh Tenggara,Aceh Tengah dan sekitarnya.

7. Lampung

Waspada potensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah Lampura, Lambar, Way Kanan pada siang dan sore hari.

8. NTB

Waspadai adanya potensi hujan ringan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu, dan Kota Bima pada siang hingga malam hari, dan waspadai tinggi gelombang yang mencapai 2 m atau lebih di Selat Lombok bag. Selatan, Selat Alas bag. Selatan, Samudra Hindia Selatan NTB, dan Selat Sape bag. Selatan.

9. Sumatera Barat

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat, petir dan angin kencang pada siang-sore hari di Kep. Mentawai, Sijunjung, Dharmasraya, Kab. Solok, dan sekitarnya.

10. Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang-sore hari di wilayah Pagar Alam, Muara Enim, OKI dan OKU Selatan. Pada dini hari di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, PALI dan OKI.***

Sumber: BMKG