Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan semua terminal bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sudah beroperasi normal. Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, dan Tanjung Priok sempat ditutup saat periode pelarangan mudik lebaran 2021.

"Mulai 18 Mei 2021 ini, Terminal Kampung Rambutan dan Tanjung Priok sudah beroperasi normal," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 18 Mei 2021.

Menurut dia, penumpang yang tiba di terminal dites acak untuk mendeteksi covid-19. Syafrin berharap kebijakan ini terintegrasi dengan seluruh terminal di kota-kota penyangga yang dikelola Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Saya sudah sampaikan ini ke sekretaris BPTJ seperti Poris Plawad, Jatijajar, kemudian di Terminal Baranangsiang, satu lagi di Tangsel (Tangerang Selatan) itu juga diharapkan menerapkan pola yang sama," jelas dia.

Sementara itu, kepolisian masih menyekat sejumlah titik meski Operasi Ketupat 2021 selesai per Senin, 17 Mei 2021. Pos penyekatan dioperasikan untuk memeriksa pemudik yang kembali dari kampung halaman. Polri menyiapkan 109 titik pemeriksaan di Sumatra, Jawa, hingga Bali.***