Tol Jakarta - Cikampek Km 31 di Cikarang Barat akan disekat mulai 6 Mei 2021, pada tengah malam pukul 00.00 WIB. Sehingga, ini akan menjadi salah satu lokasi check point bagi Satgas Covid-19 mengecek kelengkapan dokumen yang dibawa oleh pemudik.

Jalan Tol

"Ini yang sudah fix, kebetulan kami tadi komunikasi dengan pihak kepolisian," kata Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Divison Head Reza Febriono dalam konferensi pers di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 4 Mei 2021.

Akan tetapi, Reza belum merinci keseluruhan check point atau lokasi penyekatan di sepanjang Tol Trans Jawa. Sebab, keputusan mengenai ini ditentukan polisi. Jasa Marga hanya menyediakan fasilitasnya saja.

Penyekatan ini dilakukan setelah pemerintah resmi melarang mudik dari 6 sampai 17 Mei 2021. Sejumlah orang masih bisa mudik, tapi dengan membawa dokumen yang disyaratkan.

Di sisi lain, Korps Lalu Lintas Polri sudah mengumumkan penambahan jumlah titik sekat menjelang Operasi Ketupat 2021. "Yang semula 333 titik kini bertambah jadi 381 titik," ujar Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Komisaris Besar Rudi Antariksa di hari yang sama.

Rudi mengatakan, bertambahnya titik sekat memperlebar wilayah yang disekat. Jika semula hanya dari Lampung, maka kini mundur menjadi dari Sumatera Selatan hingga Bali.

Secara rinci, ratusan titik penyekatan terbagi menjadi 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, 9 titik di wilayah Kepolisian Daerah Lampung, 16 titik di wilayah Kepolisian Daerah Banten, 14 titik di wilayah Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Lalu, 158 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Barat, 85 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Tengah, 74 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Timur, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah DI Yogyakarta, dan 5 titik di wilayah Kepolisian Daerah Bali.***rls