Menkominfo Ajak Masyarakat Belanja Daring Produk Lokal

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengajak, seluruh masyarakat memanfaatkan belanja produk lokal poduksi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) secara daring melalui aplikasi yang telah tersedia.

Dengan melakukan itu, dapat mencegah terjadinya penularan wabah global COVID-19 yang masih mengancam di sekitar.

"Belanja online memutus rantai penyebaran COVID-19, jadi harus manfaatkan belanja online tersebut," ujar Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate melalui program dialog Prime Talk di Metro TV, Selasa (4/5/2021).

Dengan belanja daring, maka mobilisasi masyarakat dapat dibatasi secara signifikan. Dampaknya, potensi terpapar wabah global COVID-19 di tempat perbelanjaan akan berkurang dengan drastis dalam beberapa waktu ke depan.

"Belanja online mencegah adanya kerumunan yang bisa menjadi medium penyebaran virus COVID-19," tuturnya.

Menurut Menkominfo, aplikasi belanja daring saat ini banyak menyediakan barang-barang lokal berkualitas yang kerap ditemui dipusat perbelanjaan. Bahkan, banyak dari penjual di pusat perbelanjaan kini juga mempunyai lapak virtual di aplikasi belanja daring.

Tercatat, di masa pandemi saat ini jutaan pelaku usaha di atas yang kini beralih menggunakan medium ruang digital. Dengan begitu, masyarakat dapat mencari berbagai barang yang diinginkan hanya dengan mengakses aplikasi dagang daring.

"Kita tidak hanya bangga, tetapi juga semakin bangga terhadap produk-produk buatan Indonesia," katanya.

Dalam mendukung hal di atas, pihaknya kini telah menggandeng 72 aplikasi dagang daring untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan barang yang diinginkan oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat memiliki pilihan produk berkualitas melalui medium aplikasi daring.

Produk lokal ini dipastikan semakin hari akan meningkatkan kualitasnya dalam bersaing dengan berbagai produk. Sebab, pada tahun ini Kementerian Kominfo akan melakukan pelatihan daring yang menyasar kepada 32.500 pelaku UMKM.

Dalam pelatihan ini, pelaku UMKM akan mendapatkan banyak pengetahuan yang berkaitan dengan cara mengelola produk di ruang digital. Adanya informasi tersebut akan mendorong penjualan di aplikasi daring secara signifikan dalam beberapa waktu ke depan."

"Sebanyak 32.500 pelaku UMKM akan di ajak scale up pendidikan untuk mendukung dengan marketplace. Ini dilakukan pemerintah dengan sungguh-sungguh," pungkasnya.***Ts

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X