×

Iklan

Indeks Berita

MUI Minta Masyarakat Tetap Jalankan Prokes Merayakan Idulfitri

11 Mei 2021 | Selasa, Mei 11, 2021 WIB Last Updated 2021-05-11T15:43:35Z
MUI Minta Masyarakat Tetap Jalankan Prokes Merayakan Idulfitri

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Abdulllah Zaidi menyarankan kepada seluruh umat Islam pada khususnya masyarakat Indonesia pada umumnya untuk satu tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan saat merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Prokes tersebut mulai dari memakai masker menjaga cara dan mencuci tangan serta menjauhi kerumunan, termasuk tidak melakukan mudik demi menjaga kesehatan keluarga.

"MUI minta seluruh umat Islam pada khususnya masyarakat Indonesia pada umumnya untuk satu tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker menjaga cara dan mencuci tangan menjauhi kerumunan dan protokol ketat khususnya di hari Idulfitri dan tidak melakukan mudik demi menjaga kesehatan keluarga dan diri kita," kata KH Abdulllah Zaidi saat konprensi pers usai sidang itsbat di Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Lebih lanjut KH Abdullah Zaidi menyarankan sehingga untuk bagi wilayah zona hijau yang terkendali akan baiknya melaksanakan salat Idulfitri di masjid atau lapangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara bagi wilayah yang zona merah maka sebaiknya salat Idulfitri dilaksanakan di rumah masing-masing, silaturahmi lebaran juga sebaiknya dilakukan secara virtual demi menghindari kerumunan.

Selanjutnya bahwa selama pandemi di Indonesia memohon kepada pemerintah untuk tetap melakukan pembatasan mobilitas warga merayakan Idulfitri selalu berdoa untuk keselamatan umat dan bangsa dan tidak berperilaku tabzir (berlebihan) dan menjauhi sikap yang tidak terpuji inilah sikap yang seharusnya kita laksanakan di dalam menyikapi dan menyongsong serta merayakan Idulfitri yang akan datang.

"Baru saja kita sama-sama mendengarkan penjelasan dari Menteri Agama berkenaan dengan jatuhnya 1 syawal 1442 Hijriah yang telah ditetapkan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriyah atau Idulfitri 1442 Hijriah pada tahun ini akan jatuh pada Kamis tanggal 13 Mei 2021 kesepakatan ini sebelumnya memang sudah kita prediksi bahwa dari seluruh almanak ormas-ormas Islam," kata KH Abdulllah Zaidi.

"Bahwa pada hari ini bulan masih jauh di bawah ufuk sehingga puasa kita genapkan 30 dan hari raya idulfitri kita insya Allah 1 Syawal akan jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021, menyikapi dari keputusan Menteri Agama ini tentunya MUI turut mengucapkan selamat hari raya Idulfitri 1442 Hijriah," katanya lagi.

"Kami mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir batin marilah kita setelah Ramadan ini tetap istiqomah menjalankan kepatuhan kita kepada Allah Swt kepada sesama kita terutama kepada kaum dhuafa fakir miskin dan anak-anak yatim piatu merujuk dengan masih melonjaknya positif COVID-19 maka majelis ulama Indonesia," tutupnya. *Rls

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS