SMK PGRI Telagasari di "Garap" Pelatihan Bimbingan Kerja dan Penguatan Karakter

Sebanyak 104 siswa kelas XII SMK PGRI Telagasari, serius mengikuti kegiatan program pelatihan bimbingan kerja dan penguatan karakter sebelum kelulusannya. Program yang di fasilitasi pihak sekolah selama 6 hari ini, diarahkan bagi siswa jelang memasuki dunia kerja, baik kesiapan mental, psikologi hingga kreatifitasnya. Lewat narasumber yang kompeten di bidangnya dan materi yang berbeda-beda setiap harinya, pelatihan ini juga mendatangkan pemateri dari Indonesia Busines Link (IBL) sampai Youtuber, Senin (3/4). 

Sejumlah Siswa Kelas XII SMK PGRI Telagasari Serius Ikuti Pelatihan, Bimbingan Kerja dan Penguatan Karakter dengan Standar Prokes Jelang Kelulusan

Penanggungjawab kegiatan pelatihan, Kiki Indera Putri, S.Pd mengatakan, program pelatihan, bimbingan kerja dan penguatan karakter ini merupakan pelatihan khusus dimana siswa diberi gambaran sebelum memasuki dunia kerja, pihak sekolah sebutnya, ingin memberikan bekal termasuk kompetensi yang mumpuni bagi para lulusan, baik mental, psikologi maupun etika dan sopan santun. Sebab, memasuki dunia kerja, kedisplinan dan trik menghadapi wawancara kerja harus siap dimiliki  para siswa kelas XII ini. Sementara pembinaan kompetensi hanya disinggung tak banyak, sesuai dengan program keahlian masing-masing. "Kegiatan pelatihan ini dilangsungkan selama 6 hari dan di ikuti 80 siswa untuk semua kelas dan 24 siswa khusus Teknik Pengelasan (TPL) yang siap magang kerja, jadi totalnya sebanyak 104 peserta, " Katanya. 


Mereka sambungnya, dilatih dan di beri gambaran dunia kerja yang akan dihadapi. Narasumber sendiri, sengaja dihadirkan dari Indonesia Bisnis Link (IBL), tidak itu saja, pihaknya juga menghadirkan materi kreatifitas, sehingga outputnya, mereka jika nanti keadaan memaksa tidak diterima di dunia kerja, tapi mereka tetap memiliki tujuan dan opsi-opsi lain. "Yang sudah siap magang kerja di kawasan industri itu 24 siswa TPL, sementara yang lainnya itu sudah diberikan soft skill sebelumnya melalui pelatihan yang tujuan semuanua sama yaitu penguatan karakter, meskipun pelatihannya digelar zoom meeting di masa pandemi Covid-19 ini, " Ungkapnya.

Ia berharap, semua materi selama pelatihan ini bisa di serap oleh siswa kelas XII sebagai bekal memasuki duni kerja, selebihnya semoga mereka bisa lebih baik, lebih manfaat dan siap dengan semua kompetensi yang di milikinya. "Kita harap, semua materi ini di serap maksimal dan menjadikan mereka jadi lulusan yang lebih baik lagi, " Pungkasnya. 

Kepala SMK PGRI Telagasari, H Yan Yan Sopyan ST mengatakan, pelatihan ini diperlukan siswa untuk menyerap semua materinya jelang memasuki dunia kerja. Betapapun, sebut Yan Yan, selama pelatihan ini harus ketat penerapan protokol kesehatan. Karenanya, selain pengaturan skema ruangan dan jaga jarak, wajib masker dan prokes lainnya juga diterapkan optimal. "Kita pastikan selama pelatihan, semuanya sudah menerapkan prokes yang maksimal, " Pungkasnya. (Rd)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X