Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk mencari lokasi belanja kebutuhan Lebaran 2021 selain di Pasar Tanah AbangJakarta Pusat. Pengunjung pusat perbelanjaan itu melonjak pada akhir pekan ini.
Foto : Pasar Tanah Abang
 
"Sebaiknya mencari alternatif pusat perbelanjaan lain karena kita ketahui beberapa tempat, seperti Tanah Abang, Thamrin City, cukup padat masyarakat yang berbelanja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Pasar Tanah Abang, Minggu, 2 Mei 2021.
 
Imbauan itu disampaikan demi menghindari kerumunan dan penyebaran covid-19. Kondisi ini juga direspons Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Anies Baswedan menyebutkan pengunjung melonjak lebih dari dua kali lipat di Pasar Tanah Abang. Pada Sabtu, 1 Mei 2021, pengunjung naik dari 35 ribu menjadi 87 ribu.
 
"Hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies di Pasar Tanah Abang.
 
Anies bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang. Ketiganya juga menyambangi pusat perbelanjaan Thamrin City dan Stasiun Tanah Abang.
 
Inspeksi itu dilakukan setelah video membludaknya pengunjung Pasar Tanah Abang viral menjelang perayaan Idulfitri 1442 Hijriah. Polda Metro Jaya bersama TNI telah mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi kerumunan di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang.
 
Sebanyak 2.500 personel gabungan dikerahkan mengawasi protokol kesehatan dan lonjakan pengunjung. Petugas disebar di sejumlah titik rawan. Personel Marinir dan Paskhas juga ditugaskan mengendalikan antrean masuk dan protokol kesehatan di Stasiun Tanah Abang.***Medcom