Para remaja disarankan untuk memenuhi usia ideal menikah. Untuk pria minimal 25 tahun dan untuk wanita minimal 21 tahun.

Arumi Bachsin

Dengan menerapkan usia ideal menikah merupakan salah satu usaha agar remaja lebih siap, baik secara mental dan juga menurunkan resiko kematian saat kehamilan di usia remaja.

Hal itu disampaikan Ketua TP-PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak yang juga sebagai Bunda GenRe Jawa Timur saat membuka Workshop GenRe bagi Bunda GenRe Kabupaten/Kota di Ruang Lestari, Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Selasa (2/6/2021)

Workshop tersebut diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Jawa Timur (BKKBN Jatim) untuk mensosialisasikan program Generasi Berencana (GenRe).

Progam GenRe merupakan program yang ditujukan untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan berperilaku positif tentang kesehatan reproduksi.

Arumi Bachsin mengatakan, Upaya yang dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) dalam menyelenggarakan program GenRe adalah mengajak remaja untuk tidak melakukan 3 hal yang menghambat masa depan remaja, yakni seks pranikah, pernikahan dini, serta narkoba.

Foto Arumi Bachsin saat belum pandemi corona


Remaja merupakan kunci penentu masa depan baik sebagai penerus estafet pembangunan maupun sebagai calon ayah dan calon ibu yang akan melahirkan generasi berikutnya.

Berbagai Program dengan berbagai pendekatan telah dilakukan untuk menyelamatkan remaja dari ancaman yang dapat menghancurkan masa depannya.

Pendekatan melalui keluarga atau orangtua remaja dapat menjadi salah satu alternatif mengingat orangtua memiliki otoritas atas anak remaja mereka.

Permasalahan antara orang tua dengan remaja terutama masalah komunikasi sangat banyak terjadi dan menjadi penyebab gagalnya orang tua mendampingi anak remaja.

PKK Provinsi Jawa Timur sangat mendukung program-program yang menangani masalah remaja. Remaja memang harus menjadi prioritas program apapun, khususnya program Bangga Kencana.

Hal ini karena beberapa hal, yaitu Populasi remaja sangat besar, 50% dari jumlah penduduk saat ini adalah generasi millenial dan zilenial dan 50% nya adalah penduduk usia 10-24 tahun/remaja). "Artinya 1 dari 4 penduduk Indonesia adalah Remaja," ujar Arumi*****ga