Iklan

Aparat Desa Pasirukem Gorol Bersihkan Irigasi Wagir

Redaktur
Monday, 7 June 2021, 08:18 WIB Last Updated 2021-06-07T01:18:49Z

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Pada 5 Juni 2021, Pemerintah Desa Pasirukem turun gropyokan ke Irigasi Lompong di Dusun Wagir RT 08/03. Sekitar 1,2 Kilometer, aparat desa di bantu LPM, BPD dan relawan Sapu Jagat, gorol membersihkan irigasi dari ganggang dan sampah yang menyumbat pengairan ke lahan sawah ratusan hektar tersebut.

Aparat Desa Pasirukem Gorol Bersihkan Irigasi Wagir 

Kades Pasirukem, H Purwanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan kali kedua paska dirinya dilantik sebagai Kades, kebetulan sebutnya, pembersihan saluran irigasi dengan gorol ini di lakukan tepat di Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bertepatan pada 5 Juni kemarin. Saluran Lompong di Wagir ini, sambung Kades yang akrab di sapa Mas Pur ini, merupakan buangan dari hulu kalen Tawang yang mengairi 250 hektar sawah di Pasirukem. "Alhamdulillah semua terlibat, baik dari BPD, LPM perangkat desa hingga relawan sapu jagat terlibat dalam kegiatan gorol ini, " Ungkapnya. 

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes) Pasirukem Nano mengatakan, saluran ini semakin banyak di jejali sampah, inang dan eceng gondok. Agar arus air lancar, pihaknya melakukan gorol ini bersama aparat, karena memang kondisi irigasi semakin hari semakin sempit dan dangkal, bahkan memicu banjir saat musim penghujan. Rencananya sebut Nano, kedepan pihaknya akan mengupayakan penurapan irigasi ini dari sejumlah anggaran yang disiapkan, bisa dari aspirasi DPRD maupun Banprov. "Irigasi semakin menyempit dan dangkal, selain akan rutin melakukan gorol, pemerintah desa juga tengah upayakan penurapan di irigasi tersebut, baik dari Aspirasi DPRD maupun sumber lainnya, termasuk berupaya normalisasinya, " Ujarnya. (Rd)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI