Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan potensi cuaca ekstrem berupa hujan secara sporadis, hujan lebat dan durasi singkat, hujan disertai petir dan angin kencang, hingga hujan es, yang akan melanda sejumlah wilayah Indonesia pada periode sepekan kedepan (1 - 7 Juni 2021).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengemukakan, hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa terdapat aktifitas Gelombang Kelvin yang cukup aktif di sekitar Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua bagian utara, sedangkan Gelombang Rossby Ekuatorial cukup aktif di sekitar wilayah Jawa dan Samudera Pasifik sebelah timur Filipina.

"Sementara itu perlambatan dan belokan angin terjadi di beberapa wilayah yang cukup berpengaruh pada pembentukan potensi awan hujan, dan dapat menimbulkan potensi hujan intensitas sedang - lebat di beberapa wilayah di Indonesia," jelas Guswanto sebagaimana di kutip infopublik.id, Selasa (1/6/2021).

Lebih lanjut Guswanto menjabarkan, beberapa wilayah di Indonesia yang potensi hujan intensitas sedang - lebat pada 31 Mei - 01 Juni 2021 diantaranya di Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian pada 2 - 4 Juni 2021 wilayah yang berpotensi hujan sedang - lebat diantaranya di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan pada 5 - 7 Juni 2021 hujan sedang - lebat berpotensi di Aceh, Kep.Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Sementara untuk dua hari ke depan berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak banjir/bandang dengan kategori waspada perlu diwaspadai di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua," ujarnya.

Atas kondisi tersebut di atas, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan kedepan, hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.*Rls