Kecamatan Lemahabang menjadi wilayah dengan capaian vaksinasi terbaik di Kabupaten Karawang. Kecamatan dengan 11 Desa itu, memiliki inovasi agar para lansia dan masyarakat berkenan di vaksin untuk peningkatan imunitas pencegahan Covid-19. Diantaranya, lewat distribusi Bantuan Langsung Tunai (BLT), bahkan hingga calon penerima Rumah Layak Huni (Rulahu) baik Program Aladin maupun BSPS 2021. 
Kegiatan Vaksinasi Lansia dipadukan dengan Distribusi BLT di Desa Lemahmukti Kecamatan Lemahabang, Senin (7/6)


"Lansia itu kami prioritaskan jadi penerima BLT dari Dana Desa, termasuk di tahap 2 ini, sehingga ketika ada arahan vaksinasi Covid-19 untuk lansia usia 50 tahun keatas, ya mereka di syaratkan harus ikut serta jika ingin menerima BLT, itu bagi yang memenuhi syarat medis ya, " Kata Kades Lemahmukti H Damung, Senin (7/6). 

Kegiatan Vaksinasi Lansia dipadukan dengan Distribusi BLT di Desa Lemahmukti Kecamatan Lemahabang, Senin (7/6)

Adapun jumlah yang di vaksin tahap 2 yang melibatkan Puskesmas ini, sebut Damung berjumlah 134 orang, sementara penerima BLT berjumlah 183 orang. Masyarakat guyub mendatangi lokasi vaksinasi di Dusun Gebangcarang. "Kita berharap semuanya sehat dan sejahtera. Jadi BLT ini sebagai pemacu saja agar mereka bisa datang, " Katanya. 

Soleh, Kades Pulojaya mengatakan hal serupa, selain BLT yang jadi pemancing kehadiran lansia untuk vaksinasi, dirinya arahkan juga untuk keluarga calon penerima Rulahu Program Aladin maupun BSPS. Jadi logikanya gampang, untuk apa dapat rumah bagus kalau sakit ! Jadi artinya, ketika rumah sudah kokoh diberikan pemerintah, Kita juga berharap penerimanya sehat lewat vaksinasi Covid-19. "Kalau saya yang menerima Rulahu, itu diarahkan wajib vaksin semua. Buat apa rumah bagus kalau sakit, kan logikanya begitu. Alhamdulillah mereka semua hadir, " Katanya. 

Kades Lemahabang, Didin Al Ayudin mengatakan, mengarahkan warga untuk di vaksin, bukan perkara mudah dan tidak cukup sebatas sosialisasi dan woro-woro. Mereka, tidak ujug-ujug datang semua, bahkan di desanya di jemput oleh setiap RT dan kewakilan agar para lansia ini hadir. "Kami gak cukup woro-woro saja, justru para lanisa kita jemput oleh RT dan wakil dipelosok agar mau datang vaksinasi, " Ujarnya. (Rd)