Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk melaksanakan upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari senin.

Tjahjo Kumolo

Politikus PDIP itu menjelaskan, kini pihaknya telah menjalani kegaiatan tersebut dilingkungan Kemenpan-RB sejak awal Juni dan ternyata berjalan baik.

"Benar sekarang Juni sedang dicoba di Kemenpan-RB dan berjalan baik, baru nanti Juli sifatnya imbauan kepada sekuruh kementerian, instansi dan pemda," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (9/6/2021).

Ia menyebut, dalam upacara nanti rangkainya seperti pengibaran, penghormatan kepada bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ikrar Korpri, pengarahan pembina upacara, dan terakhir pembacaan doa.

Selain itu, nantinya ASN juga harus melantunkan lagu "Indonesia Raya" pada hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat. Kegiatan itu dilakukan pukul 10.00 dan diikuti seluruh elemen di Kemenpan RB.

Ia mengaku pihaknya belum bisa mewajibkan untuk seluruh lembaga melakukan hal tersebut pada Juli mendatang. Sebab, dirinya menyadari itu membutuhkan sebuah persiapan yang matang dari segi infrastrukturnya.

"Kan perlu infrastruktur yang disiapkan, misal seluruh ruang kantor harus ada pengeras suara, dan lain-lain," ujarnya.(rls/kompas).