Keren !! Desa Mekarsari Karawang Olah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak

Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari ,Kabupaten Karawang, sukses mengelola limbah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) .Pemerintah desa memanfaatkan limbah sampah plastik dalam upaya pengelolaan limbah sampah yang selama ini kerap menjadi masalah di lingkungan desa.


"Kalau merintis percobaan sampah plastik sudah setahun lalu,terus sekarang karena saya dipercaya jadi staf desa maka sekarang saya coba kembali di pemerintahan desa untuk membuat percobaan yg serupa dan alhamdulillah kades merespon dan mendukung program tersebut, " ujar Anto Budianto ,Bendahara Desa Mekarsari ,Rabu (16/6).

Untuk proses pengelolaan limbah sampah plastik menjadi BBM ,harus melalui sejumlah proses ," Proses mengembangkan alat pemusnah limbah plastik dengan cara proses pembakaran memakai tabung. Berbagai Limbah plastik di masukan ke tabung. Kemudian dilakukan pengapian tabung. Dalam proses satu jam pembakaran. Uap dari hasil pembakaran limbah plastik menghasilkan cairan berupa minyak atau bahan bakar," jelasnya.

Namun pihaknya belum mengetahui kandungan dari cairan minyak tersebut," Perlu penelitian lebih lanjut," katanya.

Dengan begitu, Pemerintah Desa setempat meminta dukungan dari pemerintah daerah untuk meneliti temuan tersebut," Saya mendukung penuh inisitif Anto dalam mengembangkan limbah plastik menjadi BBM ,dan berharap dukungan dari dinas terkait mengenai Hal ini," pungkas Kepala Desa Mekarsari Dede Gusnul***ts

0 Komentar

X
X