Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pemerintah dalam waktu dekat akan kembali mengusulkan sejumlah lembaga negara untuk dihapus.

"Mudah-mudahan pertengahan tahun sampai akhir tahun akan kami ajukan ke DPR usulan badan-badan, lembaga yang mungkin bisa dihapuskan tapi harus dibahas bersama dengan DPR," ujar Tjahjo Kumolo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara Senayan Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, penghapusan lembaga negara tersebut untuk membuat birokrasi semakin efisien dan menghemat anggaran pemerintah. Tjahjo Kumolo memberkati contoh pihaknya sudah berupaya membubarkan satu badan di sebuah kementerian namun terkendala hal teknis sehingga ditunda pembubarannya.

"Ada satu kementerian yang kami sudah sepakat dengan menterinya menghapuskan satu badan karena badan itu ada 3-4 eselon I, namun dalam ayat di UU tersebut mengharuskan persetujuan DPR," tambah Tjahjo Kumolo.

Kemenpan-RB hingga saat ini dikatakan Tjahjo Kumolo sudah melakukan penyederhanaan sebanyak 91 kementerian lembaga atau 41.272 struktur.****ts